by

PASAR PABUKOAN PASIR PANGARAIAN DIBUKA, ASISTEN II SETDAKAB ROHUL

IMG_20160606_170101ROKAN HULU detikperistiwa.com – Pasar pabukoan pada Ramadhan 1437 H tahun 2016, di Pasar Lama, Kelurahan Pasir Pangaraian, Kecamatan Rambah,   Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dibuka Bupati Rohul  Suparman, melalui Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Rohul, Syaiful Bahri.

Selama berlangsungnya Pasar Pabukoan 1437H/2016M, dihimbau kepada seluruh pedagang yang berjualan, baik di Bazar Ramadhan yang dibuka Pemkab Rohul, maupun tidak agar dapat menjajakan makanan dan minuman yang segar.

‪Himbauan ini dilakukannya  untuk menjaga kesehatan dan keselamatan para konsumen ketika mengkonsumsi makanan tersebut agar ibadah puasa tidak terganggu. Untuk itu, para pedangang hendaklah menjaga mutu dan kebersihan makanan yang dijajakannya.

“Mutu dan kebersihan itu sangat penting dijaga seperti air harus betul-betul masak, begitu juga makanan harus yang segar-segar jangan basi,” katanya Asisten II Setdakab Rohul,  usai membuka Ramadhan 1437 H tahun 2016, Senin (6/6) sore.

‪Dalam kegiatan itu hadir Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Rohul, Syaiful Bahri mewakili Bupati, tampak hadir Kadisdikpora Muhammad Zen, tampak Anggota DPRD Rohul Kasmawati, Yulika, Camat Rambah Ari Gunadi bersama Upika lainnya dan Lurah Pasir Pengaraian Mukhlis, juga selama peninjauan lokasi Pasar Ramadhan, rombongan diiringi dengan rebana dari Kelurahan Pasir Pengaraian

“Ini kita lakukan tiap tahunnya, kepada masyarakat yang hadir Bupati Rohul, Suparman, sebenarnya ingin sekali bisa berjumpa dengan bapak-bapak ini, tapi karena urusan penting di Jakarta, sehingga tidak bisa hadir di sini,” tuturnya.

Terangnya, bagi masyarakat Pasir Pangaraian, khususnya Kecamatan Rambah, bisa membeli di Pasar Pabukoan yang disediakan pihak pemuda Pasir Pangaraian, beragam jenis makan tersedia di sini, untuk kebutuhan bulan Ramadhan.

Di tempat yang sama, Lurah Pasir Pengaraian Mukhlis mengatakan, keberadaan Pasar Pabukoan di Pasar Lama Pasir Pengaraian sangat strategis karena masyarakat yang berbelanja untuk kebutuhan berbuka puasa lebih leluasa memarkirkan kendarannya di tempat yang telah disiapkan panitia.

“Pengelola Pasar pabukoan telah menyiapkan 110 lapak untuk pedagang yang akan menjual makanan atau minuman untuk berbuka puasa bagi umat muslim selama Ramadan berlangsung dan semuanya sudah berisi. Menjaga tertib dan lancarnya arus lalulintas disekitar Pasar Ramadan, dirinya selaku penanggungjawab dalam Pengelolaan Pasar Ramadan, melakukan bekerjasama dengan Satlantas Polres Rohul,” katanya lagi

‪Sedangkan untuk kebersihan Pasar Ramadan, melakukan kerjasama dengan Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya (TRCK) Rohul melalui Bidang Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman, jelasnya, para pedagang yang menjaja dagangan di lapak pasar pabukoan , untuk satu lapak luasnya 2,4 meter x 2 meter, luasnya lebih besar dari lapak Pasar Ramadan tahun lalu.

Terangnya, para pedagang yang telah mendaftar untuk berjualan di Lapak Pasar Ramadan dikenakan Rp 300 ribu selama berlangsungnya Ramadan. Harga tersebut tidak ada kenaikan selama empat tahun terakhir pelaksanaan pasar Ramadan. “Sewa lapak Pasar Ramadan  pengelola, kita tidak menaikan biaya, disamakan di tahun-tahun sebelumnya, karena kondisi ekonomi masyarakat saat ini jauh merosot. Namun masing-masing pedagang dikenakan uang kebersihan kepada sebesar Rp 1.000 perhari,” paparnya.

“Panitia menyiapkan lokasi parkir kendaraan bermotor langsung dikelola  masyarakat Kelurahan Pasir Pengaraian secara umum. Sehingga masyarakat yang berkunjung untuk berbelanja menu buka puasa dan sahur lebih nyaman,” tukasnya

Lurah Pasir Pengaraian berharap, dengan adanya Pasar Ramadhan ini, selain dapat menambah penghasilan warga yang berdagang di pasar tersebut, juga terbantunya umat muslim untuk berbuka puasa dan sahur. “Setiap lapak, mereka sudah sediakan berbagai makanan, minuman sesuai selera, tinggal pilih mana yang di sukai para pembeli,” pungkasnya.

Di tempat berbeda di jalan Diponegoro Simpang menuju tempat lokasi Pasar Ramadhan, terlihat Puluhan anggota Satlantas Polres Rohul yang dipimpin Kanit Patroli Polres Rohul Iptu Abuzar sibuk mengarahkan warga yang melintas kadang masyarakat ditegur karena tidak memakai helm saat mengendarai sepeda motor dan membantu masyarakat untuk menyeberang jalan (adv/humas)

‪Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Rohul, Syaiful Bahri mewakili Bupati, Kadisdikpora M. Zen, tampak Anggota DPRD Rohul Kasmawati, Yulika, Camat Rambah Ari Gunadi bersama Upika lainnya dan Lurah Pasirpengaraian Mukhlis SE, saat meninjau Pasar Ramadhan dan Polantas atur jalintas Deponegoro Senin, (6/6) (Endar. R)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed