by

Babinsa Koramil 13/Buntu Pane Peduli Kesehatan Warga Dengan Mendata ODP di Puskesmas

Asahan | Personel Babinsa Koramil 13/Buntu Pane Kodim 0208/Asahan Serka Susastra melaksanakan serbuan teritorial dengan datang ke puskesmas untuk mendata tentang perkembangan ODP, yang dilaksanakan bertempat di Puskesmas Prapat Janji Kecamatan Buntu Pane Kabupaten Asahan, Rabu (08/07/2020).

Pemantauan tersebut dilakukan secara rutin untuk memastikan ODP menjalani masa karantinanya dengan benar dan terarah. Selain melakukan pemantauan, Babinsa juga melakukan edukasi terhadap warganya yang masuk ODP terutama warga yang baru pulang dari luar kota atau luar negeri.

“Warga yang baru datang dari perantauan, bakal diperiksa suhu tubuh oleh petugas kesehatan dan pendataan informasi lokasi perantauan. Selanjutnya, akan diadakan karantina mandiri bagi perantau yang datang dari wilayah zona merah” ujar Serka Susastra.

“Para perantau harus lapor ke RT/RW, dan kalau ada gejala maka wajib lapor dulu ke puskesmas dan akan dipantau terus. Mereka juga wajib melakukan karantina diri selama 14 hari, tidak boleh menolak. Masyarakat yang nantinya akan melakukan pengawasan, ” tegas Babinsa Serka Susastra.

Hal ini dilakukan untuk bersama-sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan mengedukasi masyarakat yang ODP maupun terpapar Covid-19. “Supaya mereka selalu semangat menjalani hari-harinya dan lekas sembuh dari penyakitnya,” pungkas Babinsa.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed