by

25 JCH LAGI BELUM LAKUKAN PELUNASAN

AHMAD 8(1)ROKAN HULU detikperistiwa.com – Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul)  Ahmad Supardi Hasibuan, di dampingi Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, Elfalisman, menyatakan hingga  kini, masih ada 25 Jamaah Calon Haji (JCH)  belum melunasi Biaya Penyelenggaraa Ibadah Haji (BPIH), dari 255 JCH yang berhak melakukan pelunasan pada tahap pertama ini.

Disampaikan Kakan Kemenag Rohul Ahmad Supardi Hasibuan, kepada sejumlah wartawan yang biasa meliput kegiatan Kemenag Rohul, Selasa (7/6/2016) bertempat di kantornya, Jalan Ikhlas Konpleks Perkantoran Pemerintah, Kota Pasir Pengaraian.

Katanya, masa pelunasan BPIH tahap pertama dimulai pada tanggal 19 Mei s/d 10 Juni 2016 yang akan datang. Itu berarti bahwa waktu tinggal 3 hari lagi. Dikatakannya, tempat pelunasan bertempat di bank penerima setoran BPIH, ketika melakukan pendaftaran haji dulu, atau di bank pengalihan yang telah ditunjuk, dari bank convensional menjadi bank Syariah, seperti dari Bank Mandiri pindah ke Bank Syariah Mandiri dan seterusnya.

Ahmad Supardi Hasibuan yang mantan Kepala Humas dan Perencanaan Kanwil Kemenag Prov Riau ini, mengharapkan agar 25 JCH yang belum melakukan pelunasan, agar segera melakukan pelunasan, sebab jika tidak maka akan hilang haknya untuk berangkat haji tahun ini.

Ketika ditanya apakah ada kemungkinan 25 JCH yang tidak melakukan pelunasan, bisa berangkat haji tahun ini. Ahmad Supardi menjelaskan secara prinsip hilangnya haknya berangkat tahun ini dan secara otomatis pindah ke tahun depan (1438 H/2017M).

Namun demikian, masih ada celah sedikit, yakni jika terlambat melunasi akibat system di bank yang salah atau jaringan yang rusak, maka ada peluang untuk melunasi pada tahap kedua. Tapi jika hanya karena kelalaian semata, maka secara otomatis hilang haknya untuk berangkat tahun ini.

Adapun bagi JCH yang sudah pernah haji, tetapi masuk porsi berangkat, jumlahnya untuk Rohul sebanyak 13 JCH, akan melakukan pelunasan pada tahap kedua nanti, setelah selesai pelunasan tahap pertama, yang waktunya akan ditentukan oleh Menteri Agama RI Lukman Hakjim Saifuddin (LHS) kemudian.

Ahmad Supardi Hasibuan yang alumni Pondok Pesantren Musthafawiyah Purbabaru ini, menyatakan bahwa biaya haji tahun ini ditetapkan dengan rupiah, sebesar Rp 32.113.606 (Tiga puluh dua juta seratus tiga belas ribu enam ratus enam rupiah). Pembayaran yang dilakukan hanya kekurangannya saja, sebab waktu mendaftar dulu telah membayar Rp 25 juta. (Endar. R)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed