by

KESABARAN TRUMP HABIS MENGHADAPI KOREA UTARA

WASHINGTON DC – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendeklarasikan bahwa “era kesabaran strategis” menghadapi Korea Utara sudah berakhir.
Trump menambahkan, Amerika Serikat akan selalu berusaha mempertahankan diri dan sekutunya dari serangan rezim Korea Utara.
Dalam jumpa pers di Taman Mawar, Gedung Putih bersama Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Trump menyebut Korea Utara sebagai pengganggu yang tak menghargai kehidupan.
“Kami mendesak agar Korea Utara memilih jalan yang benar dan lakukan dengan cepat,” ujar Trump, Jumat (30/6)
Sudah beberapa kali Trump melontarkan kecaman terhadap pemerintah Korea Utara antara lain menyebutnya sebagau “rezim brutal” setelah kematian mahasiswa Otto Warmbier.
“Era kesabaran strategis sudah dalam menghadapi rezim Korea Utara sudah habis dan terus terang kesabaran kami sudah habis,” kata Trump.
“Tujuan kami hanyalah perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan itu tetapi Amerika Serikat selalu akan mempertahankan diri dan para sekutunya,” Trump menegaskan.
Trump juga menyinggung kematian mahasiswa Otto Warmbier yang sempat ditahan 18 bulan di Korea Utara setelah dituduh menjadi mata-mata.
“Amerika Serikat menyerukan kepada seluruh negara di dunia untuk menjatuhkan sanksi dan menuntut rezim Korea Utara memilih jalan yang benar demi kebaikan rakyatnya yang sudah lama menderita,” Trump menegaskan.
Tak lupa Trump melontarkan pujian soal aliansi antara Amerika Serikat dan Korea Selatan sebagai sebuah batu penjuru perdamaian dan keamanan di bagian dunia yang paling rentan itu.  (kc)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed