by

DUA PEMIMPIN NEGARA BERTEMU DALAM SUASANA SANTAI PENUH KEKELUARGAAN

BOGOR-Ketika dua pemimpin bertemu dalam suasana santai, riang, penuh kekeluargaan dan persahabatan, semua ikut tersenyum. Awan mendung menyelimuti Kota Bogor, Jawa Barat pun serasa lebih hangat sore itu.
Perjumpaan Presiden Joko Widodo dan Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (30/6) sore menjadi perhatian publik.
Obama  mengenakan kemeja lengan panjang berwarna biru muda dipadukan dengan celana panjang berwarna gelap tiba di Istana Kepresidenan Bogor pukul 15.30 WIB.
Kedatangan Obama disambut langsung Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo serta putra Presiden, Kaesang Pangarep.
Saat memasuki Istana Kepresidenan Bogor, Obama terlebih dahulu mengisi buku tamu dan kemudian memasuki ruang Garuda Istana Kepresidenan Bogor untuk kemudian berbincang santai di beranda belakang.
 
Selanjutnya, Presiden Jokowi  mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih mengajak Obama menuju Grand Garden Cafe, berjarak sekitar 1 KM dari kawasan Istana Bogor dengan menggunakan mobil golf.
Tiba di kafe  kawasan Kebun Raya Bogor, Presiden Jokowi dan Obama menikmati hidangan teh dan beragam jajanan pasar, seperti onde-onde, talam ubi, kue mangkok, panada cakalang dan lemper ayam.
Saat tengah berbincang selama 10 menit, hujan pun turun. Mereka pindah ke ruangan balkon kafe. Kali ini, bakso kuah menjadi jamuan, menemani perbincangan keduanya di tengah hujan yang mengguyur kawasan Bogor.
Setelah berbincang cukup lama, Presiden Jokowi dan Obama pun mengakhiri pertemuan tersebut dengan berfoto bersama. Pukul 16.30 Wib, Obama meninggalkan Kebun Raya Bogor untuk kembali ke Jakarta.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan di tengah-tengah liburannya ke Indonesia, Obama meluangkan waktu untuk minum teh bersama Presiden Jokowi di Kebun Raya Bogor.
Retno menjelaskan  undangan Presiden Jokowi kepada Obama sudah mulai disampaikan sejak awal 2015.
Setelah Obama tidak menjabat lagi sebagai presiden, Presiden Jokowi kembali mengundang Obama untuk berlibur ke Indonesia.
“Presiden mengirim undangan tertulis kepada Obama untuk berlibur ke Indonesia,” ujar Retno.
Sebelum tiba di Jakarta Jumat siang, Obama terlebih dahulu menghabiskan waktunya di Indonesia dengan mengunjungi Bali pada tanggal 23-28 Juni 2017 dan Yogyakarta pada 28-30 Juni 2017.
 
Menteri Pariwisata Arief Yahya memuji Barack Obama yang hobi adventure itu. Obama bukan hanya hadir berlibur ke Bali dan Borobudur tetapi juga menduniakan destinasi-destinasi buat liburan keluarga ke mancanegara.
“Obama endorser yang kuat dan sukses mempromosikan terasering dan subak Jatiluwih Tabanan, rafting di Sungai Ayung Badung, Tirta Embul Tampaksiring Gianyar, Museum Arma di Ubud, Borobudur, Prambanan dan Wonderful Indonesia,” kata Menpar dalam siaran persnya, Jumat (30/6).
Destinasi itu, Arief langsung dikemas untuk paket-paket yang bisa dijual ke wisatawan Amerika dan Eropa dan penggemar Obama.
Perlakuan ini sama dengan pasca kunjungan Raja Salman dari Arab Saudi ke Indonesia, ditindaklanjuti dengan promosi ke pasar Timur Tengah dengan menciptakan destinasi #NapakTilas.
Karena itu, menapak tilas destinasi liburan keluarga Obama di Bali dan Yogyakarta-Jawa Tengah itu sangat strategis.
“Sejauh ini, ketika dieksplorasi lebih dalam, napak tilas Obama selama di Indonesia itu sendiri sudah memiliki news value yang besar,” kata Arief Yahya.
“Kami berterima kasih yang tak terhingga pada Pak Obama. Khusus untuk ke Jogja dan Jakarta, sebenarnya kunjungan ini boleh dikatakan ‘pulang kampung’ dan karena waktunya bersamaan dengan lebaran, maka tidak salah kalau disebut wisata mudik,” tambah Arief.
Hari ini, Sabtu (1/7), Obama akan menjadi pembicara dalam Kongres Diaspora Indonesia di Mal Kota Kasablanka. (kc)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed