by

Cegah Banjir, Warga Pakunden dan Babinsa Koramil 08/Pulaua Buaya Kerja Bakti Bersihkan Sungai Bandar Jawa

Tanjung Balai | Kerja Bakti merupakan sarana kebersamaan antar warga guna membantu tercapainya kenyamanan desa dengan melakukan pembangunan atau pembersihan yang bermanfaat bagi kepentingan seluruh warga. Seperti kegiatan Personel Babinsa Koramil 08/Pulau Buaya jajaran Kodim 0208/Asahan Serda Faisal Lubis yang turut melaksanakan gotong royong bersama warga Dusun 8 Bandar Jawa untuk membersihkan alur Sungai Bandar Jawa. Kegiatan bhakti social tersebut berlokasi di Dusun 8 Bandar Jawa Desa Sai Apung Kecamatan Tanjung Balai Kabupaten Asahan, Jumat (10/07/2020).

Dikatakannya, pembersihan aliran saluran irigasi kali miri ini sebagai langkah awal antisipasi terjadinya banjir pada saat musim hujan. Sehingga dilaksanakan kegiatan karya bakti pembersihan saluran irigasi yang banyak ditumbuhi tanaman liar dan terdapat tumpukan sampah. “Apabila aliran sungai Bandar Jawa tersumbat di musim penghujan seperti ini, maka air sungai akan meluap dan membanjiri perumahan di sekitar sungai. Pembersihan sungai ini sebagai langkah awal antisipasi terjadinya banjir pada saat musim hujan,” tegas Babinsa Serda Faisal Lubis.

Bukan hanya jalan, sungai juga perlu dijaga dan dirawat kebersihannya. “Justru yang rentan terhadap sumber penyakit adalah di sungai seperti ini, terlebih bila ada air menggenang, nanti lama-lama dijadikan sarang nyamuk. Dengan dilaksanakannya kerja bakti membersihkan aliran sungai Bandar Jawa ini dari berbagai kotoran atau sampah serta rumput yang mengganggu diharapkan air mengalir dengan lancar dan sungai juga terus terjaga kebersihannya,” jelas Babinsa lagi di sela-sela kegiatan membersihkan aliran sungai.

“Alhamdulillah pembersihan saluran irigasi cepat selesai, berkat kerja sama seluruh komponen masyarakat Desa Sai Apung. Dengan pembersihan ini, air pun menjadi lancar, sehingga dapat digunakan petani Desa Sai Apung untuk mengairi sawahnya tanpa khawatir kekurangan air lagi, ”pungkas Babinsa Serda Faisal Lubis.

Kegiatan pelaksanaan Bhakti sosial tersebut oleh Personel Koramil 08/Pulaua Buaya berlangsung dengan aman, tertib dan terkendali, serta terjalinnya kerja sama dan hubungan yang humanis antara babinsa dengan warga binaan serta menumbuhkan semangat gotong royong.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed