by

Kades Aek Tunjang Sebut Tidak Terlibat Dalam Pengelolaan DD Tahun Anggaran 2019

PADANG LAWAS-Proyek pembangunan saluran irigasi di Desa Aek Tunjang Kecamatan Barumun Tengah (Barteng), Kabupaten Padang Lawas (Palas) belum lama ini sudah rusak parah dan tidak berfungsi.

Informasi dari keterangan warga proyek yang bersumber dari Dana Desa (DD) TA 2019 ini baru selesai dibangun sekitar empat bulanan lalu.

Kemudian hasil konfirmasi dari Kepala Desa Aek unjang Irfan Fauzi Hasibuan, lewat telepon selulernya Selasa 7 juli 2020, pelaksana bangunan drainase tahun anggaran 2019 pelaksananya merupakan Tenaga Ahli. “Kepala desa sebagai pengguna anggaran tidak dilibatkan,” ungkapnya.

Irfan Fauzi Hasibuan membenarkan parit yang baru dibangun dengan Volume 2x45x90 m/plester itu rusak, diperkirakan ada sepanjang 10 Meter parit beton itu jebol.

Hanya saja, Kades mengaku tidak mengetahui perihal pembangunannya. Bahkan untuk pembiayaan, pengeluaran hingga pencairan dana dengan pagu Rp245.920.000 proyek ini, kades tidak dilibatkan, seperti di beritakan media lain.

Di tempat terpisah Anggota DPRD dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Mhd Ike Taken Hasibuan ketika melihat postingan poto saluran irigasi di lewat pemberitaan media dan Medsos yang beralamat di Desa Aek Tunjang yang kelihatannya sudah rusak parah sangat memprihatinkan.

Mhd Ike Taken Hasibuan salah satu anggota DPRD Dapil III meliputi wilayah X Barumun Tengah turut bertanggungjawab sebagai fungsi pengawasan dalam penyelesaikan permasalahan yang tengah buming di tengah masyarakat Barumun Tengah, khususnya Desa Aek Tunjang sebagai pemampaat bangunan tersebut.

Ike menambahkan dirinya sudah ajukan pada Ketua DPRD Palas agar Komisi C turun kelapangan melakukan monitoring ke desa-desa yang dianggap ada permasalahan dalam pengelolaan dana desa dan bangunan fisik.

Supaya dilakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) agar semua permasalahan yang menyangkut anggaran yang beraumber dari dana desa dapat diselesaikan dan dapat diketahui siapa yang sebenarnya yang bertanggungjawab dalam hal pengelolaan anggaran tersebut.

(HS)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed