by

Sat Reskrim Polres Pelabuhan Belawan Tangkap Pelaku Pemerasan Dengan Modus Mengaku Anggota Polisi

BELAWAN-Sat Reskrim Polres Pelabuhan Belawan tangkap pelaku pemerasan dan penipuan dengan modus mengaku sebagai Anggota Kepolisian, Minggu (12/7/2020).

Korban  Rani (26), Ibu rmh tangga warga pasar IX Helvetia Desa Manunggal Kecamatan Labuhan Deli DS. Dengan Dasar Laporan Polisi No. Pol : LP/303/VI/2020/SU/SPKT/Pel.-Blwn Tgl 10 Juli 2020. Tempat Kejadian Peristiwa (TKP), di Jln Marelan Raya Kecamatan Medan Marelan, Kamis 10 Juli 2020 Pukul 20.30 Wib.

Kemudian, Sat Reskrim Polres Pelabuhan bersama Tim telah menahan Tersangka DH  (38) warga Jalan Palatina Lk XVI, Kelurahan  Titipapan Kecamatan Medan Deli.

“Adapun Barang Bukti (BB) sita, 1 Unit Sepeda motor Vario BK 8930 PBM dan 1 Bh jaket Polisi,” ungkap Kasat Reskrim Polres Pelabuhan.

Kronologos kejadian, Sabtu 11 April 2020 sekitar Pukul 20.30 Wib, sewaktu Korban melintas di TKP dengan mengenderai Sepmor miliknya, kemudian tiba – tiba diberhentikan  seseorang laki-laki mengaku petugas Kepolisian yang bertugas di Polda.

Saat itu, (Pelaku) serta menanyakan surat-surat kenderaan Korban. Lalu saat Korban hendak mengeluarkan surat-surat kenderaannya dari dalam tasnya tiba-tiba Pelaku merampas dompet Korban dan mengambil seluruh uang milik Korban dan Pelaku meninggalkan Korban di TKP.

Atas kejadian tersebut, Korban merasa keberatan dan membuat pengaduan di Polres Pelabuhan Belawan dan meminta agar Pelaku dihukum sesuai dengan Undang Undang yang berlaku di NKRI.

Selanjutnya, Personil Sat Reskrim yang dipimpin  AKP I Kadek HC SH SIK MH bersama Panit Resum Ipda Erikson Siahaan, SH MH dan Tim melakukan penyelidikan.

Kemudian Pada Sabtu (11/7/2020)  Pukul 01.00 Wib mendapat informasi tentang keberadaan yang diduga Pelaku pemerasan dan penipuan dengan modus mengaku-ngaku sebagai Anggota Kepolisian berada di daerah Jalan Mareal Raya Tanah 600 Marelan.

Kemudian tim yang dipimpin Kasat Reskrim langsung meluncur dan melakukan penangkapan terhadap Tersangka

Dari hasil introgasi dengan Tersangka, mengakui perbuatannya dan telah melakukan perbuatan dengan modus yang sama sedikitnya sudah 15 Kali yang dilakoninya semenjak bulan April 2020 sampai Bulan Juli 2020 dengan TKP seputaran Jalan Raya Manunggal sampai Jalan Raya Marelan.

Adapun uang hasil dari kejahatan Tersangka dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan berfoya-foya.

Selankutnya, Sat Reskrim Polres Pelabuhan Belawan masih melakukan pengembangan terhadap kasus ini dengan kordinasi terhadap laporan-laporan Polisi di Polsek jajaran untuk mengetahui korban-korban yang lain.

Polres Pelabuhan Belawan menghimbau kepada Masyarakat yang pernah menjadi Korban kejahatan dengan Modus yang sama untuk membuat Pengaduan ke Polres Pelabuhan Belawan.

“Tersangka dijerat dengan pasal 368 Yo 378 KUH Pidana dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara,” pungkas kasat

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed