by

Jadi Jaminan Hukum Serta Produktifitas Kesejahteraan Ekonomi Rakyat, Bupati H Sukiman Serahkan 720 Sertifikat Tanah Di Kota Lama

ROKAN HULU–Berfungsi sebagai jaminan kepastian hukum atas tanah, karena seringkali memicu terjadinya sengketa dan perseteruan atas lahan, Bupati Rokan Hulu H Sukiman menyerahkan secara simbolis 720 sertifikat tanah, di kantor Camat Kunto Darussalam, Sabtu (11/7/2020).

Penyerahan sertifikat tersebut dilakukan H Sukiman orang Nomor 1 di Rohul ini kerjasama dengan pihak Kantor Agraria Tata Ruang-Badan Pertanahan Nasional (ATR-BPN) Rohul dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) diberikan kepada warga Kelurahan Kota Lama secara gratis.

Pada kesempatan itu, disampaikan, Bupati H Sukiman menyampaikan sertifikat ini bukti hak kepemilikan tanah itu diakui Negara, untuk mencegah terjadinya di kalangan masyarakat, baik antar keluarga, tak jarang sengketa lahan juga terjadi antar pemangku kepentingan.

“Hal itu membuktikan pentingnya sertipikat tanah sebagai tanda bukti hukum atas tanah yang dimiliki,” tuturnya.

Lanjutnya, sertifikasi tanah ini merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat.

“Selain itu nantinya masyarakat yang telah mendapatkan sertifkat dapat menjadikan sebagai modal pendampingan usaha yang berdaya dan berhasil guna bagi peningkatan kesejahteraan,” kata Mantan Dandim Inhil ini.

Untuk itu, Bupati H Sukiman berharap kepada warga Kota Lama agar mau menyimpan dan menjaga sertifikat ini.

“Kemudian jadikanlah sebagai alat penunjang ekonomi kita, agar usaha kita semakin hari semakin maju,” kata Bupati H Sukiman sosok yang komunikatif dengan lapisan dan aspek masyarakat.

Bupati H Sukiman yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Rohul ini menyebutkan, dengan sertifikat itu harus mampu untuk memanfaatkannya.

“Supaya ekonomi kita bisa meningkat, jadikanlah sertifikat tanah tersebut sebagai alat untuk menyekolahkan kita, baik itu ke Bundes Desa maupun ke Bank, agar bisa membuka usaha baru dalam pengembangan ekonomi keluarga,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Lurah Kota Lama Aly Yusuf S Sos mengatakan, sebanyak 720 sertifikat tanah telah dibagikan kepada warga dalam program PTSL tersebut.

Sertifikat tanah ini merupakan bukti nyata kepemilikan tanah yang sah dan diakui negara. “Untuk itu saya berharap pada warga agar mau merawat dan mau menyimpan sertifikat ini dengan baik,” sebut Yusuf.

“Jadikanlah sertifikat ini sebagai alat penunjang meningkatnya ekonomi kita, jangan dijadikan sertifikat ini sebagai alat untuk tidak Produktif,” harap Yusuf.

Dalam pantauan di lapangan turut hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Koperasi, Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Rohul Zulhendri M IP, Kepala Dinas PUPR Rohul Anton ST MM, Kepala Bapenda Rohul Elbisri M Si, Anggota DPRD Rohul dari PDIP Zulfahmi.

Kemudian, Camat Kunto Darussalam Ruslan S Sos, Kapolsek Kunto Darussalam, AKP Sihol Sitinjak, Lurah Kota Lama Aly yusuf S, Sos, Tokoh masyarakat, para penerima sertifikat, perwakilan dari Kantor ATR-BPN Rohul.

(Yy/Pr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed