by

SDN I Sukarame Terapkan KBM Dengan Sistem Cluster

LEBAK-Menghadapi Tahun ajaran baru di masa pandemi Covid-19, SDN I Sukarame menerapkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan sistem cluster dengan tiap cluster dibagi kelompok-kelompok belajar,” demikian ungkap Kepsek Rohidi Spd kepada detikperistiwa.com Selasa (14/7/2020).

Kepsek SDN I Sukarame Rohidi Spd menerangkan, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) kita akan menerapkan sistem cluster yang mana tiap satu kelompok diikuti lima sampai enam orang siswa.

Jadi nantinya rekan guru yang akan berkunjung ke cluster, mungkin tidak tiap hari terkunjungi oleh semua guru tetapi dengan cara bergilir. “Satu cluster mungkin yang bisa dikunjungi dua sampai tiga kali dalam satu minggu,dengan begitu anak akan tetap belajar dan tiap cluster itu akan dikirim lembaran kerja oleh guru,” terang Kepsek Rohidi.

Ditanya terkait kendala, Kepsek Rohidi menjelaskan, untuk sementara ini tidak ada. “Karena kita akan baru melaksanakan dengan istilah daring dan luring, jadi belum kita temukan kendala tersebut,” katanya

Lanjut Kepsek Rohidi nantinya semua kelas akan dibagi tiga cluster, tiap Cluster ada satu sampai dua kelompok dan cluster itu sudah ada di Kp Tangganjing, Kp Kandang Manjangan dan di Kp Nagrog.

“Kalau untuk kelas atas selain dengan pembelajaran luring juga nanti ada daring untuk menambah wawasan anak dan bagi yang aktif akan diberikan materi-materi daring oleh guru kelasnya,” terang Kepsek Rohidi.

“Mudah-mudahan dengan didukung oleh orang tua murid kemudian dari kepala desa juga sudah mendukung dengan menyediakan tempat posyandu untuk dijadikan tempat pembelajaran Insyaa Allah akan berjalan baik,” harap Rohidi.

“Walaupun dengan sistem pembelajaran cluster kita juga tetap menerapkan Protokol Kesehatan, dimana sekolah menyediakan masker dan akan dibagikan ke anak,sementara untuk cuci tangan kita akan sediakan dilokasi nanti,” kata Kepsek Rohidi.

Kedepan, kalau sudah bebas dari Covid-19. “Kita akan melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas seperti biasanya,” pungkas Kepsek Rohidi Spd.

(dul fik).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed