by

Menteri Kominfo RI Johnny G Plate Resmikan BST 4G USO Di  Morotai

Morotai – Peresmian BST 4G USO program Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI Kunjungan Kerja (Kunker) di Kabupaten Pulau Morotai, Rabu (29/7/2020), tepatnya  di Desa Nakamura Morotai Selatan.

Ketika itu, Bupati Moratai Benny Laos di dampingi Irjen Kominfo RI Dody Setiyadi, Wakil Bupati Asrun Padoma, Ketua DPRD Morotai Rusminto Pawane, VP Network Deployment Telkomsel Juanita Erawati, Direktir Utama Bakti Anang Latif, Forkompimda Morotai dan Sekretaris Daerah Muhammad M Kharie melakukan percakapan langsung bersama Menteri Kominfo RI Johnny G Plate melalui video conference

Bupati Benny Laos menyampaikan sejumlah kendala terkait akses telekomunikasi dan jaringan internet di Pulau Morotai.

“Izin pak menteri kami di Morotai menginkan penambahan Jaringan Internet Gratis di sekolah-sekolah sekaligus penambahan area, sehingga proses pelaksanaan belajar di Morotai kembali Normal,” ungkapnya.

Lsnjutnya, sekolah SD dan SMP di Morotai sudah multi media namun kendalanya dalam posisi kualitas jaringan yang masih terbatas dan biayanya sangat tinggi sehingga hal ini menjadi keberatan orang tua murid untuk pembayaran pulsa. Begitupun masyarakat umum, karena pulsanya dihitung hari.

Bupati Benny Laos meminta agar adanya pelayanan Kantor Grapari Telkomsel di Pulau Morotai. “Pelayanan kita masih kendala Kantor Grapari juga belum ada di Morotai, untuk itu mohon dukungan Menteri untuk Kantor Grapari di Morotai sehingga apabila ada gangguan nomor ponsel dari masyarakat ada pelayanan langsung dari Kantor Grapari,” katanya.

Menteri Kominfo menyampaikan melalui telepon bahwa Morotai bakal ditetapkan sebagai Pusat Pelatihan, Pusat Informasi Data Kemenham, untuk itu pihaknya berharap Menteri Kominfo RI dapat hadir suatu saat pada peresmian jaringan 4G dan Telekomunikasi yang ada di Morotai.

“Telekomunikasi ini adalah makanan wajib masyarakat, sehingga kita semua sangat merindukan kedatangan Menteri, semoga kedepan pak menteri bisa berkunjung dan melihat secara langsung Pulau Morotai dan seluruh karya yang telah dibuat oleh KemKominfo RI,” paparnya.

Setelah penyampaian Bupati Benny Laos, Menteri Kominfo RI mengatakan bahwa Pemerintah dalam hal ini Presiden RI secara bersungguh-sungguh ingin menyelesaikan seluruh infrastruktur nasional.

“Termasuk infrastruktur TIK (Teknologi Informasi dan Telekomunikasi),” lanjutnya.

“Hasil pengamatan saya melalui evaluasi menyeluruh, pembangunan yang sudah dilakukan selama ini masih perlu di tindak lanjuti karena masih beberapa ribu desa yang belum tersedia 4G sehingga belum ada kemampuan internet,” terangnya.

Dijelaskannta, dari data yang diperoleh bahwa di Maluku Utara ada 347 BTS yang bakal dibangun atau yang harus disediakan dan masih kurang 17 BTS untuk Morotai.

“Saya kira 17 ini adalah bagian dari 12.548 desa dan kelurahan di Indonesia yang harus kita bangun infrastruktur TIK termasuk akses internetnya,” urainya.

Pihaknya memastikan suatu saat bakal berkunjung ke Morotai, karena menurutnya Morotai adalah contoh wilaya-wilaya 3T lainnya dalam rangka pengembangan pembangunan infrastriktur TIK.

Terkait Kantor Grapari Telkomsel, pihaknya bakal menyampaikan langsung ke PT.Telkomsel untuk memberi pelayanan Kantor Grapari di Pulau Morotai. “Saya akan sampaikan kepada Telkomsel untuk memperhatikan Kantor Grapari di Morotai, pihaknya telah berdiskusi dengan Menteri Keuangan RI mekanisme yang digunakan pada wilayah 3T supaya tidak menjadi beben kepada masyarakat,” pungkasnya.

Untuk jangka pendek saat ini bagi para siswa, sebetulnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sudah menyampaikan untuk memanfaatkan dan menggukan Dana Bos untuk belanja pulsa dan Menteri Desa juga menyampaikan Dana Desa juga bisa di pakai biaya pulsa.

Namun hal ini masih dalam tahap diskusi bentuk mana yang pas diterapkan karena nantinya dari ribuan desa dan kelurahan menggunakan dana yang sangat besar

Terkait akses internet gratis, hal itu memang dimungkinkan tetapi hanya wilayah-wilayah yang sangat khusus untuk pusat-pusat pelayanan publik, kalau BTS hal itu untuk pelayanan masyatakat dengan radius yang sangat besar sementara akses internet untuk pelayanan publik radiusnya kecil sekitar 100 meter yang dihubungkan dengan satelit, misalnya puskesmas yang belum ada internetnya.

Untuk gratis internet wilayah, maka saluran anggarannya melalui pos-pos anggaran pemerintah, bisa Pemerintah Pusat dan bisa juga Pemerintah Daerah, barangkali Dinas Kominfo daerah perlu menyiapkan penganggaran yang nantinya disampaikan kepada Menteri Keungan dalam perimbangan dana pusat dan daerah yang dialokasikan untuk subsidi atau pembiayayaan pulsa kepada maayarakat.

Pihaknya memastikan kembali bahwa suatu saat dirinya bakal berkunjung ke Morotai, daerah dengan riwayat dan sejarah yang begitu panjang dan pengalaman sumber daya yang dimiliki Morotai bisa dikelola untuk akselerasi peningkatan perekonomian masyarakat di Kabupaten Pulau Morotai.

“Fasilitas dan infrastruktur telekomunikasi yang telah ada, agar tidak digunakan pada hal-hal yang tidak bermanfaat, misalnya menyebarkan isu hoax dan konten-konten yang tidak bermanfaat lainnya,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, VP Network Deployment Telkomsel Juanita Erawati memaparkan bahwa Peningkatan teknologi broadband 4G LTE di wilayah 3T di Pulau Morotai merupakan upaya Telkomsel untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat untuk menikmati akses internet dan layanan digital.

Telkomsel menargetkan penambahan lebih dari 25.000 BTS 4G LTE baru hingga akhir tahun, yang sebagian besar cakupannya diprioritaskan menjangkau wilayah residensial dan padat populasi. Hal tersebut sebagai upaya Telkomsel dalam mendukung adaptasi kebiasaan baru masyarakat, baik di perkotaan maupun di wilayah 3T.

Dalam menyambut Hari Raya Idul Adha, PT Telkomsel menyalurkan 2 ekor sapi kurban untuk masyarakat Desa Nakamura. “Bantuan Hewan Kurban diserahkan langsung oleh VP Network Deployment Telkomsel Juanita Erawati kepada Kepala Desa Nakamura dan juga pemberian Tools Kit New Normal terhadap masyarakat desa setempat,” tutupnya.

(oje)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed