by

Langkah Strategis Kapolres Rohul Dalam Program Kemandirian Pangan Di Fase AKB Covid-19

ROKAN HULU-Langkah stragis, Kapolres Rokan Hulu (Rohul), AKBP Dasmin Ginting, SIK di fase Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Corona Virus Disease 2019 (Cavid-19) dengan program Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber) di Panti Asuhan Budi Mulya, Kecamatan Rambah, kini sudah berjalan dengan baik.

“Setelah dua setengah bulan, hasil Budidaya ikan Lele Program tersebut, sudah bisa dirasakan manfaatnya anak-anak Panti Asuhan,” demikian disampaikan, Paur Humas Polres Rohul IPDA Feri Padhli, SH, Kamis (30/7/2020).

Lanjutnya, program Budikdamber yang dilaunching Kapolres Rohul AKBP Dasmin Ginting, SIK pada 15 Mei 2020 Lalu, merupakan upaya konkret Polres Rohul dalam menjamin ketersediaan pangan dan nutrisi bagi anak-anak Panti Asuhan Budi Mulya dalam mengurangi dampak ekonomi akibat Covid-19.

“Tak hanya bantuan 1.500 bibit ikan, pada saat itu Polres Rohul juga memberikan bantuan bibit sayuran yang ditanam di atas Budikdamber yang saat ini juga sudah bisa di manfaatkan memenuhi kebutuhan Sayur-sayuran Penghuni Panti,” kata Fadhli, SH .

Di waktu berbeda, Pengelola Panti Asuhan Budi Mulya, Hj Sovia, Rabu (29/7/2020) mengucapkan terimakasih kepada Polres Rohul yang telah menjadikan Panti Asuhan Budi Mulya sebagai Pilot Projek Program Budikdamber ini.

Sovia mengakui, tak hanya dibantu bibit, Polres Rohul juga memberikan bantuan Pakan Ikan dan pendampingan mengelola Budikdamber secara profesional kepada anak-anak Panti.

” Sekarang ini Anak-anak panti sudah bisa mengelola sendiri bagaimana cara membudidayakan Ikan dalam Ember secara profesional, dan ilmu yang didapatkan kita harapkan akan membuat mereka Mandiri, Paling tidak untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri,” ungkap Sovia.

Selain itu, dengan adanya Budikdamber di Panti Asuhan, sangat terasa dalam menekan biaya konsumsi panti karena sudah tercukupi dari hasil budidaya ikan Lele program tersebut.

” Alhamdulillah sekarang ini Anak-anak panti sudah bisa makan ikan hasil budidaya mereka sendiri dan bagi panti asuhan keberadan Budikdamber ini menekan biaya konsumsi di Panti,” imbuhnya

Sementara itu, Kapolres Rohul AKBP Dasmin Ginting, SIK, Rabu (29/7/2020) mengaku sangat bersyukur dengan suksesnya program Budikdamber yang sudah bisa dirasakan manfaatnya bagi anak-anak Panti.

Diharapkan, program ini dapat menjadi salah satu solusi dalam memenuhi protein hewani dan sayur-sayuran bagi warga yang berada di lahan sempit.

“Melalui program ini kita berharap menjadi stimulus bagi masyarakat lain sehingga mereka mencontoh kemudian tergerak hatinya bersama-sama berdikari mempersiapkan ketahanan pangan keluarga dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini,” ujarnya.

Selain Budikdamber, dalam mewujudkan kemandirian masyarakat di tengah Covid-19, lanjut Kapolres, pihaknya juga terus menggalakan program “Jaga Kampung”.

“Dalam program Jaga Kampung ini, Polres Rohul tidak hanya menitik beratkan bagaimana meningkatkan kemandirian dari sisi Pangan, namun juga kemandirian dari sisi Kamtibmas,” jawabnya.

” Saat ini di Kabupaten Rokan Hulu, kita sudah bentuk 16 Desa Mandiri di 16 Kecamatan yang diberi nama Program Jaga Kampung. Di 16 desa itu, kita bina masyarakat baik dari sisi meningkatkan ketahanan pangan dan juga mengedukasi masyarakat agar berperan aktif dalam menjaga ketertiban dan keamanan di desa masing-masing,” pungkasnya Kapolres.

(PR

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed