by

Kelompok Sidoarjo 4.2 KKN Unesa Bantu Cegah Penyebaran Covid-19 Di Sedatigede

SIDOARJO – Saat ini dunia sedang dilanda dengan adanya wabah penyakit virus corona atau Covid-19, salah satunya negara Indonesia, banyak wilayah yang terdampak virus corona ini. Jawa Timur menjadi salah satu provinsi yang terkena dampak tinggi dari Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Di masa pandemi ini berbagai perguruan tinggi di Indonesia turut serta berperan aktif untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, salah satunya adalah Universitas Negeri Surabaya (UNESA) melalui Kuliah Kerja Nyata Covid-19 mahasiswa melakukan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk reaksi sosial untuk membantu pemerintah dan masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Program KKN Covid-19 ini dilaksanakan mahasiswa sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat dengan mengikuti aturan pemerintah dalam masa physical/social distancing untuk meminimalisasir aktivitas pertemuan fisik, atau dapat melakukan kegiatan dengan menerapkan standar protokol kesehatan.

Kelompok Sidoarjo 4.2 telah melaksanakan kegiatan KKN Covid-19 di Desa Sedatigede. Desa Sedatigede terletak di Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo dengan jumlah penduduk yang mencapai 10.000 orang.

Pelaksanaan KKN di Desa Sedatigede berjalan selama 31 hari yang dimulai dari 1-31 Juli 2020 dengan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Tias Andarini Indarwati. Dalam pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini, Kelompok Sidoarjo 4.2 telah melakukan program kemanusiaan.

Dalam program kemanusiaan ini terdapat beberapa rangkaian kegiatan dari kelompok Sidoarjo 4.2, diantaranya Donor darah, penghijauan, pembagian masker dan hand sanitizier, menerima dan membagikan donasi, pembuatan banner pencegahan Covid-19.

Dan pembuatan video pencegahan Covid-19, menjadi relawan “Kampung Tangguh Semeru” di desa Sedatigede, ikut serta dalam kegiatan senam sehat dan membantu posyandu, membantu di Balai Desa Sedatigede dan membagikan handsoap.

Rangkaian kegiatan pertama di mulai dari donor darah. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu PMI dalam menambah stok darah yang dilakukan oleh minimal 5 mahasiswa dalam kelompok.

Mahasiswa mendatangi PMI untuk melakukan donor darah sesuai dengan protokol kesehatan dan syarat-syarat donor darah yang ada.

Kegiatan kedua, Kelompok Sidoarjo 4.2 melakukan kegiatan penghijauan yang dilakukan rutin setiap minggu dengan menanam Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di lahan Balai Desa Sedatigede.

Selain sebagai bentuk penghijauan, hasil panen dari tanaman tersebut dapat digunakan warga sekitar untuk meracik obat herbal dalam pencegahan Covid-19.

Kegiatan ketiga, kelompok Sidoarjo 4.2 melakukan kegiatan membagi masker dan hand sanitizier. Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah penularan dan penyebaran Covid-19.

Masker dibagikan ke tempat umum dan dikhususkan untuk orang-orang yang tidak mengenakan masker, sedangkan hand sanitizer dibagikan di masjid, balai desa dan lain-lain secara gratis.

Kegiatan keempat, Kelompok Sidoarjo 4.2 melakukan kegiatan menerima dan membagikan donasi. Mahasiswa menerima donasi yang berupa sembako, hand sanitizer, hand soap, uang dan masker dan hasil dari donasinya akan disumbangkan kepada warga kurang mampu di Desa Sedatigede yang berupa sembako dan keperluan untuk pencegahan Covid-19.

Kegiatan kelima, Kelompok Sidoarjo 4.2 melakukan kegiatan pembuatan banner dan video edukasi pencegahan Covid-19. Banner tentang edukasi pencegahan Covid -19 letakkan di dekat permukiman warga desa Sedatigede, sedangkan video edukasi pencegahan Covid-19 yang diupload di youtube KKN Unesa.

Kegiatan keenam, Kelompok Sidoarjo 4.2, yaitu melakukan kegiatan menjadi relawan Program “Kampung Tangguh Semeru” di Desa Sedatigede, program ini terdiri dari banyak kegiatan, di antaranya yaitu membantu untuk mengambil dan mengantarkan makanan dari Dinsos kepada keluarga yang terdampak Covid-19 serta membantu menjaga posko yang berada di balai Desa Sedatigede.

Kegiatan ketujuh, Kelompok Sidoarjo 4.2 berkesempatan untuk mengikuti Posyandu Balita dan Senam Sehat di Desa Sedatigede. Sehingga pada kesempatan yang baik tersebut kelompok Sidoarjo 4.2 dapat memberikan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 dan Gerakan Masyarakat Sehat yang dilakukan bersama dengan Ibu Bidan desa.

Kegiatan kedelapan, Kelompok Sidoarjo 4.2 berkesempatan untuk membantu di Balai Desa seperti di bidang pelayanan, yakni membantu membuatkan surat-surat yang dibutuhkan warga desa Sedatigede, membantu dalam pembagian BLT untuk warga desa Sedatigede yang membutuhkan dan membantu pelaksanaan kegiatan-kegiatan di Balai Desa Sedatigede.

Kegiatan kesembilan, Kelompok Sidoarjo 4.2, yaitu membagikan Hand Soap atau sabun cuci tangan didapat dengan membeli agar lebih praktis. Rangkaian kegiatan dalam bagi hand soap ini meliputi pemesanan sabun dan pump berukuran 500 ml dan meletakkannya di tempat umum di Desa Sedatigede.

Kegiatan KKN Covid-19 dari Unesa ini mendapat respon positif dari masyarakat. Kepala Desa Sedatigede, Basuki Rahmat berterima kasih kepada mahasiswa KKN Unesa Kelompok Sidoarjo 4.2 dengan adanya kegiatan ini, masyarakat mulai sadar akan pentingnya menjaga diri dan orang lain dari Covid-19.

Masyarakat juga lebih menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan yang telah dianjurkan oleh pemerintah sebagai upaya membantu pemerintah dalam mencegah dan meminimalisasi penyebaran serta mengurangi risiko Covid-19.

“Terima kasih atas baktinya sudah membantu dalam upaya memerangi Covid-19 di Desa Sedatigede, dan untuk mahasiswa KKN Unesa Kelompok Sidoarjo 4.2 tetap semangat dan sukses ke depannya,” pungkasnya. (ari)

Foto 1 : Mahasiswa KKN Unesa melakukan pembibitan dan penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di Desa Sedatigede, Sidoarjo

Foto 2 : Mahasiswa KKN Unesa membagikan sembako untuk keluarga yang terdampak Covid-19

Foto 3 : Mahasiswa KKN Unesa membagikan masker kepada warga Desa Sedatigede, Sidoarjo untuk mengurangi penularan Covid-19

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed