by

Kapolsek Tambusai Utara Pimpin Penangkapan Curat Di Mahato

ROKAN HULU-Pengungkapan Tindak Pidana (TP) Pencurian Dengan Pemberatan (Curat), Kamis (30/7/ 2020) sekitar Pukul 13.00 Wib, di Desa Mahato Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

“Korban Hormaida Arlida Sinaga (41) warga Desa Mahato Kecamatan Tambusai Utara, terduga Pelaku DS (41), juga warga Desa Mahato,” kata Kapolres Rohul AKBP Dasmin Ginting, SIK melalui Paur Humas IPDA Feri Padhli, SH, Sabtu (1/8/2020).

Lanjutnya, adapun Barang Bukti (BB) 1 Unit Readboy talking book, 1  Unit Laptop merk Toshiba warna coklat,b1 unit sepeda motor Honda Supra X warna merah hitam tanpa nomor polisi berikut kunci kontak.

“Kemudian   1 buah tas warna hitam merk readboy talking book, 1 buah jas hujan warna hijau,  1 buah surat sertifikat tanah dengan nomor hak milik no. 03907 atas Iika Nahot Guring,” kata Feri, SH.

Sambung Paur Humas 1 buah surat sertifikat tanah dengan nomor hak milik No1244 atas nama Pangihutan Guring, 1 buah surat sertifikat tanah dengan nomor hak milik No928
aras nama Pangihutan Guring ,1 buah surat keterangan riwayat kepemilikan/penguasaan tanah (SKRPT) dengan reg. Camat 594/1358/SKRPT/C-T4/VII/2011 tanggal 14 Juli 2011 atas nama Pangihutan Guring.

“Seterusnya,   1 buah surat keterangan riwayat penggarapan tanah dengan nomor: 594/090/SKRPT/M5M/XI/2019 atas nama H Arlida Sinaga,
1 lembar surat keterangan ganti kerugian atas nama Pangihutan Guring, 1 lembar surat keterangan ganti kerugian atas nama Pangihutan Guring tanggal 30 Mei 2006 dan 1 buah Charge Adaptor merk Ready Boy talking book warna hitam.

Kronologi penangkapan, Kamis 30 Juli 2020 sekitar pukul 01.00 Wib pelapor sampai dari perjalanan Sumatra Utara (Medan)  pulang kerumah kediamannya kemudian pelapor membuka pintu rumah langsung masuk kedalam dan melihat di dalam rumahnya gelap.

Kemudian pelapor menghidupkan lampu rumah dan memeriksa ruangan kemudian langsung melihat ruang belakang.

Pelapor melihat bahwa pintu belakang rumah sudah terbuka kemudian pelapor memanggil, memanggil anak-anaknya dan mengatakan kepada anaknya “kenapa pintu kita semua terbuka, uangku di situ dan barangku di situ lalu mau ngapain dia”

Setelah mendengar pembicaraan pelapor lalu anak-anak pelapor langsung berdiri dan memeriksa seluruh rumah, namun tidak ada yang hilang di dalam rumah kemudian pelapor mengatakan kepada anaknya “tengok kereta!”

Lalu pelapor dan anak-anaknya langsung menuju ke gudang dan membuka pintu gudang lalu memeriksa sepeda motor yang di dalam gudang hanya ada 2 unit sepeda motor dan 1 unit sepeda motor merek Honda Supra X 125 warna hitam sudah tidak ada lagi di gudang

Setelah melihat sepeda motornya sudah tidak ada lagi di gudang kemudian pelapor dan anak-anaknya masuk ke dalam rumah lalu memeriksa lemarinya namun pelapor melihat surat-surat berharga sudah tidak ada lagi di lemari kemudian pelapor bertanya kepada anaknya “lihat laptop sama readbook itu diambil nggak?”

Setelah itu anak pelapor Ari Christian memeriksa satu unit laptop merk Toshiba warna hitam dan satu unit talking book red boy sudah tidak ada lagi di atas meja di dalam kamar.

Kemudian pelapor langsung pergi ke rumah abang pelapor Leo Afdantes Manik dan mengatakan ” Amang ayo dulu ke kantor Polisi”

Selanjutnya, Leo Afdantes Manik bertanya”kenapa?” lalu pelapor menjawab “rumah kita pun dibongkar” setelah mendengar kejadian tersebut.

Kemudian pelapor dengan Leo Afdantes Manik langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Tambusai Utaraatas kejadian tersebut pelapor merasa dirugikan sebesar kurang lebih Rp 12.375.000 dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Tambusai Utara guna pengusutan hukum lebih lanjut.

Setelah menerima laporan itu,  pada Kamis 30 Juli 2020 pada Pukul14.00 Wib, Tim Ospnal Polsek Tambusai Utara mendapat informasi bahwa diduga pelaku TP Curat berdasarkan LP tersebut sedang berada di Desa Mahato.

Kemudian Tim opsnal Polsek Tambusai Utara melaporkan hal tersebut kepada Kapolsek Tambusai Utara IPTU D Raja Putra Napitupulu SIK.

Kapolsek Tambusai Utara langsung memimpin menuju lokasi dan langsung mengamankan Pelaku atas nama DS.

Setelah di introgasi pelaku mengakui sudah melakukan TP pencurian dengan pemberatan sesuai LP yang tersebut

“Selanjutnya Kapolsek Tambusai Utara dan Tim langsung membawa dan mengamankan pelaku beserta barang bukti ke Polsek Tambusai Utara guna proses lanjut,” pungkas IPDA Feri Padhli, SH mengakhiri.

(PR)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed