by

IPTU MAROLOP SINAGA BERSAMA TIM EVAKUASI JENAZAH WARGA DI PANTAI BANGUN PURBA

SIMALUNGUN- Kapolsek Purba, Polres Simalungun IPTU M Sinaga bersama Anggota Sabtu, (1/8/2020), Pukul 10.15 Wib, turut ikut melakukan pencarian terhadap orang yang hilang di pelabuhan atau Pantai Bangun Purba Nagori Purba Horison, Kecamatan Haranggaol Horison, Kabupatem Simalungun bersama Camat dan aparat desa serta warga.

Ketika mendapat informasi peristiwa itu, Kapolsek Purba, Iptu Marolop Sinaga, kordinasi dengan Ibu Camat Haranggaol dan Tim Basarnas dan Tim BPBD, di Pantai Haranggaol untuk melakukan pencarian terhadap korban Janosman Purba.

Selanjutnya, seluruh Tim bergerak menuju titik kumpul di Pelabuhan Bangun Purba, Dusun Bangun Purba Horison, Nagari Bangun Purba, kemudian dilakukan doa bersama sebelum dilakukan pencarian.

Tim Basarnas berangkat menuju titik tenggelamnya korban dan melakukan penyelaman ke dalam danau. Tim penyelam berhasil mendapatkan Jenajah korban Janosman Purba, kemudian di evakuasi ke Pelabuhan Bangun Purba, untuk memperlihatkan kepada anak korban dan keluarga.

Selanjutnya Jenajah dibawa ke Puskesmas Haranggaol untuk dilakukan Visum.


Kapolsek Iptu Marolop Sinaga, bersama Camat Haranggaol, Tim Basarnas, Pangulu Nagori Purba Horisan, melakukan serah terima Jenajah Almarhum Janosman Purba kepada keluarga korban dirumah duka.

Setelah Jenajah Alm Janosman Purba, selesai dilakukan Visum di Puskesmas Haranggaol, kemudian dibawa kerumah duka menggunakan Ambulan.

Di rumah duka diadakan untuk menyerahkan Jenajah dari Tim Basarnas di dampingi unsur Uspika, yang didahului kata sambutan dari Pangulu Nagori Purba Horisan, Ramasdi Saragih.

Selanjutnya kata penghiburan dari Camat Haranggaol, Lince Br Sinaga, SE, dilanjutkan penyampaian hasil Visum dari Puskesmas Haranggaol diwakili Pegawai Puskesmas, Serpandus Damanik.

Kemudian dari Ketua Tim Basarnas IE Purba, menyerahkan Jenajah Alm Janosman Purba kepada anaknya Sri Devi Purba yang diwakili adik kandung Almarhum an. Danson Purba.

Ketika itu, Kapolsek juga menyampaikan bahwa peristiwa ini adalah akibat kecelakaan di danau toba dan sesuai hasil Visum, tidak ada ditemukan tanda-tanda yang mencurigakan.

“Kemudan agar keluarga sabar dan tabah menghadapi musibah ini,” katanya.

Selesai serah terima, dari pihak keluarga Almarhum, menyerahkan Surat Pernyataan untuk tidak dilakukan Autopsi terhadap Jenajah Almarhum yang dibuat. “Kemudian ditandatangani Putri kandung Almarhum, atas nama Sri Devi Purba dan diketahui Pangulu Nagori Purba Horison, Ramasdi Saragih,” pungkas Kapolsek Purba.

(Joe Harry)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed