by

Pastikan Semua Aman, Babinsa Koramil 13/Buntu Pane Cek Pos Pam Disiplin Covid – 19 Masjid Raya

Asahan | Bintara Pembina Desa Koramil 13/Buntu Pane jajaran Kodim 0208/Asahan Serda M. Sagala bersama para pengurus Masjid Raya untuk turut serta melaksanakan Pos Pam Disiplin Covid – 19 di Masjid Raya. Kegiatan Pos Pam tersebut berlokasi di Masjid Raya Kisaran, Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Tebing, Kecamatan Kisaran Timur, Kabupaten Asahan, Senin (03/08/2020).

Hal itu dilakukan sebelum persiapan shalat di Masjid Raya Kisaran. Babinsa Serda M. Sagala mengatakan, ”Penerapan protokol kesehatan itu sebagai wujud memenuhi harapan dan kerinduan umat Islam beribadah di Masjid, gagasan tersebut dinilai cukup baik dalam upaya antisipasi penyebaran wabah Covid-19 bagi masyarakat di Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Tebing yang akan menerapkan tatanan normal baru yang aman dari virus Corona (new normal).

“Masyarakat mesti terbiasa disiplin menjalankan protokol kesehatan sebagai bagian dari kehidupan baru aman dari virus Covid-19. Baik dalam aktivitas ekonomi, sosial, pekerjaan, dan ibadah berjamaah di masjid, mushalla dan rumah ibadah lainnya di Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Tebing. Masyarakat sadar dan membudayakan pakai masker, jaga jarak, pola hidup bersih cuci tangan pakai sabun,” ujarnya.

Camat Kisaran Timur turut mendukung penuh apa yang dilakukan oleh Babinsa Praka Febriyanto. Kemudian Camat menambahkan, “Apalagi pihaknya benar-benar telah optimal menyiapkan semua sektor, terutama dari sisi keagamaan dan perekonomian. Terkait pelaksanaan shalat berjemaah, telah mengatur sesuai protokol Covid-19. Pak Babinsa sangat tegas dalam mendisiplinkan warganya, bahkan sampai dengan posisi mimbar di masjidpun diatur supaya ada jarak antara khatib dengan jamaah, jamaah diminta membawa sajadah masing-masing dari rumah. Mereka pun diminta tidak berjabat tangan dan berpelukan”, ungkap Camat.

“Dianjurkan juga dalam ibadah shalat menggunakan ayat-ayat pendek, dan mempersingkat pelaksanaan khutbah, bagi jamaah yang tidak menggunakan masker tidak diperkenankan masuk, kemudian bagi yang kurang sehat atau yang memiliki gejala demam, batuk dan bersin juga tidak diperkenankan shalat berjamaah di masjid,” pungkas Babinsa.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed