by

Sasaran Data Akurat, Babinsa Koramil 16/Pulau Rakyat Adakan Apel Sekaligus Puldatater Bersama Perangkat Desa

Asahan | Melaksanakan kegiatan kewilayahan guna mewujudkan ketahanan wilayah serta kemanunggalan TNI-Rakyat adalah tugas pokok seorang Babinsa. Untuk mewujudkanya, salah satunya dengan mendata kembali wilayah binaannya yang meliputi geografi, demografi maupun kondisi sosial.

Bintara Pembina Desa Koramil 16/PR jajaran Kodim 0208/Asahan Sertu Surono turut melaksanakan Apel Pagi bersama Perangkat Desa Padang Sipirok dilanjutkan Puldatater dalam  pencocokan data baik yang ada di Koramil maupun di Desa sehingga mendapatkan data yang akurat.

Kegiatan apel tersebut bertempat di Kantor Desa Padang Sipirok, Kecamatan Aek Ledong, Kabupaten Asahan, Rabu (5/8/2020).

Menurut Sertu Surono, data teritorial sangatlah penting bagi satuan komando kewilayahan, karena terlaksananya kegiatan pembinaan teritorial berpedoman pada data teritorial.

“Sesuai program Koramil yaitu ketatalaksanaan pembinaan teritorial, suatu kegiatan penyusunan administrasi sesuai pentahapannya meliputi pengumpulan data teritorial, analisa kejadian yang dituangkan dalam tabulasi data, membuat rencana pembinaan teritorial dan laporan kegiatan pembinaan teritorial kepada satuan komando atas. Maka data teritorial sangatlah penting dan harus selalu diperbaharui dengan koordinasi dengan pemerintah daerah,” jelasnya.

Babinsa turut menghimbau kepada Sekretaris Desa agar selalu mengingatkan perangkat yang tidak ada di sini agar untuk waspada dan mendata setiap orang luar yang tidak dikenal berkunjung ke kampung ini, dan antisipasi sejak dini, selalu koordinasi dan saling mengingatkan agar tetap terjaga situasi yang kondusif.

Sementara itu, Sekretaris Desa berterima kasih bahwa selama ini Babinsa koramil 16/PR, selalu menjaga tali silahturahmi. “Nilai positif dari sebuah hubungan yang baik sebagai mitra kerja adalah selalu berkomunikasi dan berkoordinasi. Tentunya akan mempermudah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai tupoksi masing masing dalam pengabdian kepada negara,” tutup Babinsa Sertu Surono.

Adapun komponen-komponen yang turut hadir dalam puldater tersebut adalah Sekdes Padang Sipurok, Babinsa Koramil 16/PR An. Sertu DA. Handoko, Para Kaur Desa Padang Sipirok, dan para Kadus Desa Padang Supirok.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed