by

Miris TIang LIstrik di TIga Dusun Pekon Tiga Djaja Hanya Menggunakan Bambu dan Pohon HIdup

Lampung Barat-Pekon TIga djaja Kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat dengan wilayah yang sangat luas dan penduduk yang ramah.

Masyarakat Pekon Tiga Jaya yang berpenghasilan dari Bertani Kopi, Lada dan Plawija, salah satu pedesaan yang subur dan produktif dalam pertanian kopi yang menunjang kesejahteraan.

Perkembangan Pembangunan wilayah desa ini di berbagai sektor dan insprastruktur baik Sumber Daya Manusia (SDM) Cukup membanggakan
Berkat Kerja keras aparat desa dan masarakat Bahu membahu untuk membangun wilayah Pekon/Desa Tiga Jaya ini dalam berbagai sektor
Dana yang di pergunakan yang bersumber dari APBN (Dana Desa/DD) dan APBD Anggaran Dana Desa (ADD)

Maka dengan itu Bapak prayitno selaku Kepala Desa / peratin Tiga Jaya melakukan berbagai trobosan melalui lobi-lobi ke pemerintah pusat dan daerah karena ada hal yang sagat dibutuhkan dalam pembenahan khususnya dengan kebutuhan dalam penerangan terutama Tiang Listrik dan Kabel

Di tempat terpisah Tokoh Masyarakat Desa Tiga Jaya, Rafi Udin Mengatakan Kami sebagai warga Dusun Serungkuk Desa Tiga Jaya Kecamatan Sekincau sudah sering membuat usulan melalui Musrembang di desa maupun di kecamatan untuk mengusulkan penataan tiang listrik baik kabel yang semraut, disebabkan tiang listrik yang kami pakai dari swadaya masyarakat terbuat dari kayu yang tidak sesuai dengan standar kelistrikan.

“Jelas kami sebagai warga sangat cemas melihat kabel yang terlalu pendek dari ukuran biasa, terus terang kecemasan kami untuk anak-anak yang sering bermain layang-layangan baik di halaman rumah, karena kabel tersebut belum tertata baik, kami sangat wanti-wanti terjadinya kecelakaan, karena arus yang dialirkan kabel tersebut bisa membahayakan warga,” ungkap Rafi Udin Tokoh Masyarakat Desa Tiga Jaya.

Prayitno sebagai Peratin/ kades Ketika dikonfirmasi di kantornya, membenarkan penjelasan dari tokoh masyarakat itu dan kami Aparat Desa sudah berusaha keras mengajukan pengadaan Tiang Listrik ke pemerintah kecamatan baik pemerintah Kabupaten Lampung Barat.

“Untuk dapat memberikaan bantuan berupa tiang listrik yang sekarang ini sangat memprihatinkan Sebab tiang yang di pakai Sekarang tidak sesuai dengan apa yang seharusnya menjadi harapan. Karena pohon yang tumbuh pinggir jalan dan depan rumah warga menjadi cantolan Kable listrik,” tuturmya

“Kami berharap kepada pihak PLN Dan Pemerintah untuk adanya penataan tiang listrik baik kabel yang sering mengancam bahaya bagi warga, karena disebabkan ketinggian kabel tersebut belum standar,” imbuhnya

Oleh karena itu Prayitno, Pratin/ Kades Tiga Jaya berharap uluran tangan dari Bupati melalui Dinas terkait untuk dapat memperhatikan desa kami ini, ungkap Kades/Peratin. Dikatakan, bahwa tiang listrik yang sangat dibutuhkan dengan pajang kurang lebih 1000 meter dan kabel yang tidak memiliki tiang listrik.

Masyarakat berharap pemerintah Kabupaten Lampung Barat untuk melihat dan merealisasikan permintaan warga Desa Tiga Jaya khususnya dusun Serungkuk, jelas -jelas tahun anggaran 2019 pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui Dinas Lingkugan Hidup menganggarkan pengadaan tiang listrik yang berukuran Panjang 7 meter, berdasarkan No. RUP 20988250 Spesifikasi Pekerjaan Terpasangnya Tiang Listrik 9 Meter dan Dudukan Kabel dan Pagu Rp. 196.000.000, .
Dalam perbelanjaan Dinas Lingkugan Hidup Kabupaten Lampung Barat Tahun Anggaran 2020

Berdasarkan RUP 23389549 Spesifikasi Pekerjaan Pemasangan Tiang Lampu Jalan, yang bersumber dari APBD Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat No. Rek 2.05.2.05.01.12.08.5.2.3.24.04 dan total pagu yang dipergunakan Rp. 245.000.000
Pelaksanaan kegiatan tersebut mulai Januari sampai Desember 2020.

Bersama tokoh masyarakat baik Kepala Desa Tiga jaya mengharapkan Bupati melalui Dinas Lingkungan Hidup untuk dapat merespon permohonan atau permintaan warga Desa Tiga Jaya tersebut.

Maka diharapkan kepada Pemerintah kabupaten Lampung Barat Wabil khusus kepada Bupati agar dapat memberikan Bantuan untuk penataan tiang listrik dan kabel untuk mencegah terjadinya kecelekaan.

“Karena melihat situasi kabel dan tiang listrik yang sembrawut, soalnya di 3 dusun yang ada di pekon tiga Jaya hanya mengandalkan Tiang bambu dan pohon hidup,” ujar Prayitno  kepala Pekon/ Peratin.

(H/pr)

.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed