by

Anggota Koramil 04/Talawi Gandeng Mahasiswa Unimed Dan Masyarakat Guna Bersihkan Saluran Irigasi

Batu Bara | Mengoptimalkan saluran irigasi merupakan satu upaya untuk meningkatkan produksi tanaman. Demikian yang dilakukan Anggota Koramil 04/Talawi jajaran Kodim 0208/Asahan Serda BP. Sidabutar turut serta melaksanakan kegiatan gotong royong bersama warga Desa Sumber Tani dan Sei Muka serta mahasiswa/i Unimed membersihkan saluran irigasi pertanian. Kegiatan tersebut bertempat di Desa Sei Muka Kecamatan Datuk Tanah Datar, Kabupaten Batu Bara, Rabu (12/08/2020).

Dengan ketersediaan air yang cukup Petani akan leluasa dalam budidaya Padi dan pada akhirnya hasil panen akan meningkat. Dengan meningkatnya hasil panen secara otomatis kesejahteraan Petani akan meningkat juga. Setiap awal musim tanam, Petani selalu membersihkan dan menormalkan saluran tersier yang dan dipinggir sawah daerah Desa Sei Muka. Pada kesempatan ini Serda BP. Sidabutar bersama mahasiswa/i Unimed dan masyarakat ikut berpartisipasi dalam pembersihan saluran irigasi.

Dalam kegiatannya, l Babinsa mengatakan “Keterlibatan TNI dengan tujuan untuk mewujudkan Program Pemerintah yaitu swasbada pangan. Juga untuk menciptakan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat melalui pertanian” ucap Serda BP. Sidabutar. Ia juga himbau masyarakat yang ikut dalam kegiatan gotong royong pembersihan irigasi ini agar segera diselesaikan secepatnya, jangan sampai aliran air terhalang oleh rumput, hal ini akan mengakibatkan air tidak lancar mengalir, padahal para Petani sangat membutuhkan air pada saat pengolahan lahan maupun saat menanam. “Tak lupa pihak kami selalu sosialisasikan tentang memakai masker jika keluar rumah guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19” ungkap Serda BP. Sidabutar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed