by

UPTD Penyuluh Pertanian Se Lebak Ikuti Sosialisasi dan Pelatihan Informasi Teknologi BPP Model Kostratani

LEBAK-Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Banten bersama Dinas Pertanian Propinsi Banten dan Dinas Pertanian Kabupaten Lebak menyelenggarakan Sosialisasi dan Pelatihan Informasi Teknologi (IT) BPP Model Kostratani bertempat di Aula Kantor UPTD Pertanian Kecamatan Cibadak kabupaten lebak provinsi banten Jalan Cileles,Kampung Babakan Desa Bojongleles,Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak Banten, Kamis (13/8/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala BPP Banten Ismatul Hidayah, sementara dari Dinas Pertanian Kabupaten Lebak diwakili Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Lebak Denny Iskandar dan UPTD Pertanian se Kabupaten Lebak.

Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Lebak Denny Iskandar kepada detikperistiwa.com menjelaskan, ini acaranya sosialisasi dan pelatihan informasi teknologi BPP Model Kostratani, penyelenggaranya dari BPP Banten yang tadi dihadiri Kepala BPP Banten, kegiatan ini dari pusat untuk mensosialisasikan dan melatih kepada teman-teman koordinator wilayah bagaimana cara infoting, laporan utama pertanian mulai dari laporan luas tanam,luas panen dan yang lainnya kedalam aplikasi yang disediakan oleh kementerian pertanian.

Tujuan sosialisasi, satu ini memang program pemerintah pusat yaitu untuk satu data karena ada undang-undang satu data Indonesia harus bersenergis, harus sama tentang laporan luas tanam, luas panen, khususnya padi, jagung dan kedelai.

“Hal ini memang programnya dari Menteri Pertanian Komando strategis pertanian (Kostratani) di kecamatan tujuannya BPP sebagai sumber data dan informasi dan ini kita melengkapi,” terang Denny.

Lanjut Denny, ini adalah tugas dari pusat untuk secara kontinyu dan secara reguler melaporkan luas tanam, luas panen, selain itu juga melalui sistem statistik BPS, laporan statistik pertanian juga secara periodik perminggu, harus melaporkan melalui aplikasi.

Harapannya, dari teman-teman korwil yang ditugaskan bisa secara konsisten mengisi laporannya dan juga kepada pemerintah yang menugaskan, mudah-mudahan ada dukungan minimal internetnya dan kuotanya.

Saat ditanya terkait program pertanian, Denny menerangkan, untuk program pertanian, sekarang paketnya ada di Kostratani, Komando strategis pembangunan pertanian kecamatan yang pungsinya ada beberapa yaitu, pertama BPP sebagai pusat data dan informasi, kedua BPP sebagai pusat pembelajaran agrobisnis,  BPP sebagai pusat jejaring kemitraan dan yang keempat BPP sebagai pusat konsultasi.

“Sekarang kita sedang kejar minimalnya terwujud di Lebak ini BPP sebagai pusat data dan informasi, karena ini tersambung langsung dengan ruang data di kementerian pertanian,” pungkas Denny Iskandar.

(fik).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed