by

TIAP TETES DARAH AKAN SELAMATKAN JIWA SESEORANG

CILACAP- Babinsa Bantarsari Koramil 09/Kawunganten, Kodim 0703/Cilacap, Serka Suwarno bersama warga masyarakat Kecamatan Bantarsari melaksanakan donor darah rutin per triwulan bertempat di Pendopo Kecamatan Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Rabu (12/7).

Kegiatan donor darah per triwulan digelar oleh PMI Cabang Cilacap dan bekerjasama dengan Perhimpunan Donor Darah Indonesia Ranting Bantarsari.
Kegiatan sosial ini bertujuan untuk mendapatkan darah dari para pendonor di wilayah Kecamatan Bantarsari guna mendukung kebutuhan darah di Kabupaten Cilacap.

Koordinator PP, PA dan KB Kecamatan Bantarsari Dra. Sri Sudi Lestari menjelaskan, bahwa donor darah mempunyai banyak manfaat diantaranya untuk menjaga kesehatan jantung dan membuat darah mengalir lebih lancar hingga mencegah penyumbatan arteri, bahkan menurut satu penelitian dengan rajin mendonorkan darah mampu menurunkan resiko serangan jantung hingga 88%.

“Selain itu juga akan meningkatkan produksi sel darah merah, memperpanjang usia dan membantu menyelamatkan nyawa orang lain karena darah yang telah didonorkan dapat diberikan kepada pasien darurat medis seperti korban kecelakaan, pasien operasi besar, penderita kanker atau kelainan darah, atau bahkan bayi baru lahir dengan kondisi medis tertentu,” ujar Dra. Sri Sudi Lestari.

Dalam kesempatan tersebut Babinsa Serka Suwarno mengatakan kegitan donor darah ini merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI-AD terhadap saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan bantuan darah.

Berbuat baik kepada sesama adalah amanah dari Tuhan dan berbuat baik itu tidak dibatasi oleh kemampuan materi saja, tetapi segala sesuatu yang ada dalam diri kita sesungguhnya memiliki nilai potensi untuk kebaikan termasuk menyumbangkan darah secara sukarela, seperti yang kita laksanakan sekarang ini.

Setetes darah yang kita sumbangkan akan menyelamatkan nyawa seseorang. Untuk itu, sekecil apapun nilai kebaikan yang kita berikan kepada sesama pasti akan mendapatkan pahala dari Tuhan Yang Maha Esa.

“Harapan kami darah yang disumbangkan dapat berfungsi dan bermanfaat bagi saudara kita yang membutuhkan, karena setiap tetes darah yang didonorkan akan menyelamatkan jiwa seseorang yang membutuhkan,” tandas Serka Suwarno. (Sty – Pendim0703Clp)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed