by

KORAMIL 01/CILACAP BINA SAKA WIRA KARTIKA LIMA MATRA DARAT


CILACAP- Upaya yang dilakukan Koramil 01/Cilacap, Kodim 0703/Cilacap dalam menyiapkan kekuatan pendukung secara dini adalah meningkatkan kesadaran Bela Negara bagi kaum muda melalui pembinaan Gerakan Pramuka dalam wadah Saka Wira Kartika, Kamis (13/7).

Hal ini merupakan pembinaan khusus untuk membekali keterampilan matra darat bagi Pramuka Penegak dan Pandega. Mengingat Pembinaan Pramuka di bawah wadah Saka Wira Kartika ini merupakan pembinaan ciri khas TNI AD.

Pelaksanaan pembinaan terhadap Pramuka Saka Wira Kartika dapat berjalan sesuai ketentuan dan mencapai sasaran yang diharapkan berkat kerjasama yang dilakukan anggota Koramil 01/Cilacap dengan semua pihak termasuk Kwarran Kecamatan Cilacap Selatan.
Kegiatan yang dipusatkan di Koramil 01/Cilacap yang secara rutin dilaksanakan setiap Minggu sekali dengan melibatkan 30 orang peserta Pramuka.

Babinsa Koramil 01/Cilacap Serka Ali Nurhadi mengajak kepada para anggota Saka Wira Kartika agar para generasi muda sebagai sumber daya nasional yang perlu siap secara dini dan dibina secara terarah dan berlanjut dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia (SDM) secara utuh.

Kegiatan pramuka tidak hanya mengutamakan pembinaan karakter tetapi pembinaan secara menyeluruh yang mencakup moral, mental, spiritual, fisik, intelektual, dan emosional serta sosial, baik sebagai individu maupun sebagai bagian dari masyarakat.

Gerakan Pramuka juga berfungsi sebagai lembaga pendidikan di luar sekolah dan di luar keluarga serta sebagai wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda, menerapkan Prinsip dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan serta sistem among yang pelaksanaannya disesuaikan dengan minat peserta didik, kepentingan dan perkembangan bangsa serta masyarakat Indonesia.


Selain itu, dalam kegiatan kepramukaan Saka Wira Kartika Koramil 01/Cilacap dibina dan dibekali matra darat yang meliputi, Krida Navigasi Darat, cara penggunaan kompas siang untuk mencari Kordinat, Krida Mountenering cara untuk penggunaan tambang turun dari ketinggian ataupun tebing, Krida Survival meliputi cara memasang Bivak, membuat jebakan darat, membuat api dengan kaca suryakanta, Krida Pionereng membuat jembatan improfisasi dan Krida Penanggulangan Bencana Alam, Penanganan Pelayanan Gawat Darurat, tata cara memasak , sandi abjat fonentik serta Ten Code Radio. (Sty – Pebdim0703Clp)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed