by

DANA DESA TAHAP PERTAMA DI BUTON SIAP DICAIRKAN

BUTON – Dana Desa (DD) tahap pertama sebesar Rp 39.420. 616.000 di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara siap dicairkan. Untuk pencairannya saat ini Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) tinggal menunggu laporan administrasi dari desa masing-masing.

“Dananya ini pada tahap pertama sudah masuk ke kas daerah pada 12 Juli kemarin, untuk pencairannya, kita tinggal menunggu administrasi dari setiap desa,” kata Kepala Sub Bidang (Kasubid) Belanja BPKAD Kabupaten Buton, Muh. Iksan Syukuri di ruang kerjanya, Senin (17/7).

Lanjut dia, bendahara bantuan BPKAD kini sudah mengeluarkan surat perintah membayar (SPM) yang ditujukan ke bendahara keuangan BPKAD, selanjutnya diterbitkan surat perintah pencairan dana (SP2D). Dan saat ini pihaknya tinggal menunggu proses pencairan setelah desa memenuhi semua administrasi yang dibutuhkan.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Buton, Alimani mengatakan, 35 desa dari 83 desa yang ada sudah siap untuk mencairkan DD tahap pertama. Hal itu dikarenakan desa tersebut RAPDes dan APBDesnya sudah siap yang merupakan salah satu syarat DD bisa dicairkan.

“Sesuai laporan dari 83 desa itu, 35 desa RAPBDes dan APBDesnya sudah siap,kita hari ini mulai pelayanan sampe besok itu dana desa 35 desa itu sudah harus cair, sisanya kita tinggal menunggu ini tapi kita sudah informasikan ke masing-masing desa,” terangnya. (La Ode Ali)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed