by

PELAJAR BUTON MULAI LATIHAN TARIAN FESTIVAL BUDAYA TUA

BUTON – Sebanyak delapan orang perwakilan siswa mulai dari tingkat SD hingga SMA sederajat saat ini sudah mulai melakukan latihan tarian untuk menghadapi Festival Budaya Tua Buton pada 24 Agustus 2017 mendatang. Latihan dilakukan di masing-masing kecamatan yang dilatih oleh penari dari Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Buton, La Ode Fasikin M.Si mengatakan, siswa yang akan mengikuti tarian pada festival nanti sebanyak 10.000 ribu penari,terdiri dari tarian Popana sebanyak 2500 penari tingkat SD, tarian Kaleko sebanyak 2500 penari tingkat SMP sederajat, dan 5000 penari untuk tarian Wandiorigi yang diikuti oleh siswa SD hingga SMA sederajat.

“Jadi setelah mereka latihan di masing-masing kecamatan maka siswa yang delapan orang itu kembali ke sekolah mereka masing-masing untuk melatih teman-temannya, selanjutnya seluruh siswa akan latihan di ibukota kevamatannya masing-masing,” kata Fasikin di ruang kerjanya, Senin (17/7).

Lanjut Fasikin, pakaian yang digunakan para penari nantinya pada acara puncak 24 Agustus 2017 yaitu pakaian tarian adat Buton yang disiapkan oleh pemerintah daerah melalui Dinas Kebudayaan. “Pakaiannya itu gunakan pakaian tarian adat,” pungkasnya. (La Ode Ali)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed