by

Sukseskan Pilkada Rohul 2020, Bupati H Sukiman : DESK Pilkada Harus Bekerja Maksimal Dan Sesuai Aturan

ROKAN HULU – Sebagai wadah untukmenginventarisir dan Pengendalian pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), sesuai yang diamanatkan dalam Permendagri Nomor 5 Tahun 2005 tentang Pedoman Bagi Pemerintah Daerah Dalam Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Dan Wakil Kepala Daerah.

H Sukiman Bupati Rohul berharap agar Desk Pilkada dapat bekerja maksial dan melaksanakan tugas sesuai dengan aturan yang telah di tetapkan. Dengan harapan agar Pilkada di Rohul dapat berjalan tertib, aman dan lancar.

“Untuk itu kami juga meminta kepada semua pihak tetap disiplin terhadap protokol kesehatan pada setiap tahapan Pilkada dan meminta kepada pihak keamanan TNI dan Polri serta Satpol PP untuk dapat menegakkan dan menertibkankan nya,” harap H Sukiman dalam rapat DESK Pilkada Rohul dengan Forkompinda, Selasa (22/9/2020).

Dalam rapat DESK Pilkada itu tampak juga dihadiri Kajari Rohul Ivan Damanik SH MH, Dandim 0313/KPR Letkol Inf Leo Oktavianus Sinaga SSos M Ipol, Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra ST, Dandim yang mewakili, Kapolres Rohul di wakili Kabag Ren Kompol Syamsir dan Anggota Desk Pilkada Rohul.

Mantan Dandim Inhil ini berharap Pilkada Rohul berlangsung aman, masyarakat tetap terjaga kesehatan. Untuk itu setiap masyarakat termasuk Paslon untuk dapat mematuhi dan mentaati aturan dan peraturan yang berlaku, khusus nya protokol kesehatan dalam pelaksanaan Pilkada mendatang,

Sesuai jadwal dan tahapan yang telah tetapkan KPU Rohul, Tahapan di mulai dari tanggal 23 September 2020 dengan peetapan pasangan calon, tanggal 24 September 2020 dengan pencabutan nomor urut pasangan calon dan tanggal 26 September s/d 5 Desember 2020 masa kampanye dan 9 Desember 2020 pemungutan suara.

Berdasarkan hasil Rapat Pleno KPU Rohul, tanggal 12 September 2020, Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara pada Pilkada Rohul 2020 dengan Total jumlah Pemilih 323.277, dari 145 Desa/Kelurahan yang tersebar di 1126 TPS.

Sementara itu, Kajari Rohul Ivan Damanik SH MH berharap untuk mengantisipasi DPT ganda dan meningkatkan Partisipasi Pemilih pada Pilkada 2020 mendatang. Selama Tahapan Pilkada, Ia meminta PNS untuk menjaga netralitas.

Kemudian, Dandim 0313/KPR Letkol Inf Leo Oktavianus Sinaga S Sos M.Ipol mengatakan TNI siap menjaga keamanan pra  pelaksanaan dan paska Pilkada.

Karena Pilkada ini berbeda dengan Pilkada sebelumnya, berharap masyarakat mematuhi protokol kesehatan dan aturan berlaku.

“Harapan kita tidak terjadi klaster baru penyebaran Covid-19 di Pilkada 2020 ini. Untuk itu, perlunya antisipasi kampanye perlu pengontrolan dan sinergisitas semua pihak,” ujarnya

Tambah Dandim, Potensi kecurangan untuk dapat di hindari dengan harapan Pilkada berjalan kondusif, lancar dan aman sesuai protokol kesehatan.

Kapolres Rohul yang diwakili Kabag Ren Kompol Syamsir, sesuai dengan Pesan Kapolres, untuk mensukses kan Pilkada dengan tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan. Bagi TNI, Polri dan ASN untuk tidak mengirimkan dan menyebarkan berita, gambar dan lain nya yang berhubungan dengan Politik di Pilkada.

“TNI, POLRI dan ASN untuk tetap netral apalagi dengan perkembangan Medsos sekarang ini, tidak usah menshare berita, gambar dengan peserta Pilkada, dengan harapan Pesta Demokrasi mendatang berjalan aman, lancar dan tertib,” kata Kabag Ren Kompol Syamsir menyampaikan pesan Kapolres Rohul terkait Pilkada mendatang.

Untuk diketahui, Struktur DESK Pilkada Rohul Tahun 2020, sesuai Permendagri Nomor 5 Tahun 2005 tentang Pedoman Bagi Pemerintah Daerah Dalam Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Dan Wakil Kepala Daerah. Bupati Rohul Sebagai Pengarah, Sekda sebagai Ketua DESK Pilkada, Asisten Pemerintahan sebagai Wakil Ketua, Kabag Tapem sebagai Sekretaris.

Sementara Pos DESK Pilkada Rohul terdiri dari (5) Bidang, yang terdiri dari Bidang Keamanan sebagai Koordinator Bidang Kapolres, dengan Anggota Kajari, Dandim 031/KPR, Kasatpol PP dan Kadishub Rohul.

Bidang Anggaran sebagai Koordinator Bidang Asisten Administrasi Umum, dengan anggota Kepala BPKAD, Kepala BAPPEDA dan Kabag Umum.

Kemudian, Bidang Data dan Kependudukan sebagai Koordinator Asisten Perekonomian dan Pembangunan, dengan anggota Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Kadisdukcapil, Kaban Kesbangpol.

Bidang Infromasi dan Dokumentasi sebagai Koordinator Kadiskominfo Rohul, dengan anggota Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan dan Kabid PIKP Diskominfo Rohul. Kemudian Bidang Pengawasan Netralitas dan ASN sebagai Koordinator Bidang Inspektur Inspektorat Rohul, dengan anggota Kepala BKPP dan Kabag Hukum.

 (hg/MC/Kominfo)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed