by

Polres Lebak Ikuti Latihan Penanggulangan Bencana Alam Dari Tim BPBD 

LEBAK,-Giat Personil Gabungan Dalmas Polres Lebak dalam mengikuti kegiatan pelatihan penanggulangan bencana alam Dalmas Inti/lanjut dan Para Kanit Sabhara Polsek jajaran Polres Lebak  Tim BPBD Kabupaten Lebak dilaksanakan di Aula Sanika Satyawada Polres Lebak Polda Banten, Jum’at (25/9/2020) Pukul 08.00 Wib.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Lebak AKBP Ade Mulyana, SIK, Kabag Ops  AKP Rahmat Sampurno, SIK, ASDA 3  Lebak Febi Hadian Kurniawan, Kasat Samapta  AKP Suharto, S Sos, Plt BPBD Lebak Ajis Suhendi beserta Tim BPBD Lebak, Kaur Bin Ops Sat Samapta Polres Lebak IPTU Abdul Latip, Kanit Dalmas I IPDA Aditya Hardyanto, S Tr K dan Para Personil Polres Lebak.

Dengan susunan  pelatihan sebagai berikut Sambutan dari Kapolres Lebak AKBP Ade Mulyana SIK, Sambutan Asda III Febi Hadian Kurniawan Kabupaten . Lebak.

Pembacaan Doa, Pengecekan Perlengkapan dalam menangani bencana oleh Kapolres Lebak bersama Asda III di dampingi Kabag Ops Polres Lebak Lebak.

Pemberian Materi penanggulangan Bencana Plt. Kepala BPBD Kab.Lebak Sdr. Ajis Suhendi, Praktek penggunaan Peralatan dari Tim BPBD Lebak, Penutup.

Tujuan dari pelaksanaan Kegiatan Pelatihan Penanggulangan Bencana Alam Polres Lebak dari  Tim BPBD Kabupaten Lebak yaitu untuk meningkatkan kemampuan Personil Polres Lebak dalam hal penganggulangan bencana di Wilayah  Lebak.

Kapolres Lebak AKBP Ade Mulyana,  menyampaikan,  keinginannya melihat sejauh mana persiapan personil Polres Lebak dalam rangka penanggulangan bencana alam.

Secara Geografis Polres Lebak Wilayahnya dinilai rawan bencana dikarenakan banyaknya Daerah Lautan, Pegunungan dan Lembah.

“Karena sudah memasuki musim penghujan maka Wilayah Polres Lebak harus dilaksanakan antisipasi sejak dini,” ucapnya.

“Hari ini kita melaksanakan tahapan Pra Bencana guna mengecek kesiap siagaan dalam persiapan menghadapi bencana alam di Wilayah Kabupaten Lebak. Saya berharap Tim BPBD Kabupaten Lebak dapat memberikan tambahan ilmu kepada kota untuk mengkaji lokasi lokasi yang terjadi bencana alam,” tutur AKBP Ade Mulyana.

“Tahapan penyalamatan dan evakuasi korban bencana alam perlu dilaksanakan secara tepat dan para personil harus mempelajari cara untuk penanganan korban bencana alam serta penanggulangan pasca bencana alam,” imbuhnya.

“Saya berharap Manajemen Bencana Alam dapat disinergitaskan antara pihak Kepolisian Resort Lebak dengan Tim BPBD Kabupaten Lebak. Dalam penanggulangan bencana alam diperlukan skill atau kemampuan yang harus dilatihkan secara bersama sama,” tukas Kapolres Lebak AKBP Ade Mulyana.

Sementara ASDA 3 Kabupaten Lebak Febi Hadian Kurniawan  mengatakan, sangat berterimakasih selama ini selalu dibantu  pihak Kepolisian Resort Lebak dalam penanggulangan bencana alam.

Lanjut Febi Pada awal Tahun 2020 di Wilayah Kabupaten Lebak telah mengalami bencana alam berupa longsor dan banjir bandang.
Bencana alam terbagi menjadi 2 kategori yaitu Bencana Alam dan Bencana Non Alam.

Untuk di Wilayah Kabupaten telah terjadi Bencana Alam berupa banjir bandang dan tanah longsor, untuk bencana non alam yaitu terkait wabah Covid – 19.

“Dalam kegiatan hari ini akan dilaksanakan kegiatan berupa pengecekan kelengkapan dan simulasi penanggulangan Bencana Alam di Wilayah Kabupaten Lebak,” kata Febi.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengecakan kelengkapan penanggulangan bencana alam  Kapolres Lebak AKBP Ade Mulyana,  di dampingi  Kabag Ops  AKP Rahmat Sampurno, SIK, Kasat Samapta AKP Suharto, S Sos, Plt BPBD Lebak  Ajis Suhendi beserta Tim BPBD  Lebak, Kaur Bin Ops Sat Samapta Polres Lebak IPTU Abdul Latip, Kanit Dalmas I IPDA Aditya Hardyanto, dan pemaparan materi dari Tim BPBD  Lebak.

Kegiatan pelatihan penanggulangan bencana selesai pukul 11.00 Wib dengan aman, lancar dan kondusif.

(dul fik).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed