by

Wujudkan Kampus Technopreneur 2035, Tim PKM UPP-Rohul Gagas Parfum Kuliner

ROKAN HULU-Tim PKM kewirausahaan Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Rokan Hulu (Rohul) mencetuskan ide pembuatan parfum aroma kuliner nusantara sebagai aromaterapi dan media promosi kuli nusantara pada kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2020.

Kegiatan ini yang diselenggarakan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Belmawa Dielrjen Dikti Kemendukbud RI), Selasa, (29/9/2020).

Kelompok yang tergabung dalam kegiatan ini adalah Darza Nuhhirto, Tiurma Indah Syahyanti, Elvina, Elva Rezi dan Ganang Gumilang.

Ketua Pelaksana Darza Nuhhirto
mengatakan bahwa ide pembuatan PKM ini berasal dari banyaknya jumlah kuliner yang ada di nusantara.

Namun belum adanya cara promosi yang begitu terbarukan serta adanya potensi pengembangan dari aroma kuliner nusantara itu.

“Awalnya kita melihat banyaknya kuliner Nusantara tapi promosinya belum begitu inovatif, Sementara ada satu potensi yaitu aromanya yang khas,” jelas Darza

Darza Nuhhirto menjelaskan saat ini program masih dalam tahap proses pemantapan ide sesuai prosedur pelaksanaan PKM tahun 2020 bahwa pelaksanaan program ini masih sampai dengan ide desain dari pelaksanaan kegiatan program.

“Sesuai instruksi Belmawa, Saat ini kita belum menciptakan produk, Pelaksanaan kali baru tahap pamantapan ide,” jelas Darza.

Darza mengatakan saat ini proses pelaksanaan PKM ini telah sampai 85 persen dimana telah terlaksana sampai tahap testimoni pasar.

“Saat ini telah rampung sekitar 85 persen, Yang terdiri dari Desain produk, Pembuatan Video, Testimoni Pasar dan Laporan Kemajuan,” ujarnya.

Beliau berharap agar sekiranya program ini tidak hanya sampai dalam menyelesaikan tahap tahap ini saja tetapi bisa ke tahap selanjutnya yaitu lolos Pinmas dan menjadi usaha yang nantinya menjadi pertimbangan untuk menjadi wirausaha kedepannya.

“Harapan kita tahap demi tahap terlaksana dengan baik sehingga kita bisa lolos ke pimnas dan nantinya ide usaha kita bisa berjalan,” ujar Darza.

Darza juga berharap kepada seluruh masyarakat khususnya mahasiswa jangan pernah ragu untuk memunculkan ide-ide serta jangan memaksakan ide yang terbaru kan tapi utamakan inovasi inovasi yang sudah ada.

“Jangan pernah ragu, Jangan Paksakan Ide harus terbarukan tetapi carilah inovasi baru terhadap peluang yang sudah ada,” tutupnya.

Kelompok mahasiswa UPP-Rohul  melaksanakan PKM  ini setelah lolos pada tahap pendanaan yang telah dilaksanakan seleksi proposal pada tahun 2019 untuk seleksi PKM tahun 2020.

Kelompok ini lolos berdasarkan surat dari Kemendikbud Dirjen Pendidikan Tinggi Nomor : 1686/E2/TU/2020 tentang pendanaan PKM 5 Bidang tahun 2020.

(PR)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed