by

Dinas Pariwisata Pulau Morotai Gelar Pelatihan Manajemen

Morotai- Untuk meningkatkan kualitas destinasi wisata dan kapasitas masyarakat pelaku usaha keparawisataan Dinas Pariwisata Pulau Morotai gelar pelatihan Manajemen Homestay, Pondok Wisata, dan Rumah Wisata.

Pelatihan bertempat di kuliner lokasi eks seil Desa Juanga kecamatan Morotai Selatan kamis, (01/10/2020).

Kadis Pariwisata Ida A. Arsyad mengatakan, bahwa setiap tahun kegiatan pelatihan terus di lakukan oleh Dinas dalam rangka miningkatkan sumber daya manusia pada sektor  pariwisata di Pulau Morotai.

Katanya, ini adalah kegiatan nonfisik yang di biayai oleh Pemerintah Pusat melalui dana alokasi khusus dan di tahun 2020 ini ada empat kegiatan pelatihan yaitu, Peningkatan sumber daya manusia, Pelatihan Manajemen Homestay, pondok wisata dan rumah wisata, pelatihan tatakelola destinasi, dan pelatihan diving.

Tujuannya untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan kepada pengelola dan pelaku usaha pariwisata yang saat ini sudah di bentuk kelompok di Desa tertentu agar dapat di tingkatkan pengelolaannya secara baik sehingga dapat berperan aktif guna menciptakan peningkatan kualitas homestay, pondok, produk dan pelayanan parawisata karena, akan berdampak pada minat wisatawan yang nantinya berkunjung di Morotai serta menguatkan daya saing di bidang pariwisata.

Pelatihan ini juga sudah di lakukan di tahun-tahun sebelumnya karena, mengigat Pulau Morotai merupakan destinasi wisata atau masuk dalam 10 bali baru di Indonesia yang di tetapkan oleh Pemerintah Pusat dan juga masuk dalam KSPN kata Ida.

“jadi segala hal yang mendukung atau menunjang di sektor pariwisata akan tetap di laksanakan dan di lakukan pelatihan sehingga SDM kita siap di bidang pariwisata” katanya

Karena, Pemerintah Daerah juga memiliki perhatian serius apa lagi dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia.

Dia, menambahkan kalau khusus di diving itu setiap tahun kita berikan pelatihan SDM secara bertahap sampai memiliki sertfikat dan ditargetkan sampai menjadi masterdive di Morotai dan itu kita kerja sama dengan Universitas Poltek Pariwisata Manado.

(oje)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed