DANRAMIL 12/KEDUNGREJA BERIKAN BEKAL RAMUAN ORGANIK HAMA KEPADA BABINSA

Cilacap – Kegiatan Peningkat Kemampuan Aparat Kewilayahan (Katpuan Apwil), Babinsa Jajaran Kodim 0703/Cilacap terima materi ROMA (Ramuan Organik Hama) oleh Danrmil 12/Kedungreja, Kapten Kav. Eman Kusnadi, di Makodim 0703/Cilacap, Selasa (25/07).

Danramil 12/Kedungreja Kapten Kav. Eman Kusnadi dalam materinya menyampaikan bahwa, Dalam bercocok tanam tidak hanya nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman, melainkan pencegahan terhadap penyakit dan hama juga sangat penting.

“Dengan pola pertanian organik, pencegahan terhadap hama dan penyakit itu sangat penting karena akan menciptakan sistem imun terhadap tumbuhan. Berbeda dengan racun kimia atau pestisida yang bersifat kontak dan langsung membunuh hama,” terangnya kepada para Babinsa.

Para petani harus dibekali pengetahuan, bagaimana pencegahan terhadap hama sehingan tanaman dapat tumbuh dengan subur dan berhasil guna sehingga hasil panen dapat diperoleh dengan maksimal,” jelasnya.
Selanjutnya, para Babinsa diberikan materi tentang tekhnologi peningkatan tanaman dan pembuatan serta penggunaan ROMA ( ramuan organik hama).

Pencegahan penyakit dan hama dengan menggunakan ramuan organik hama,
“Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ramuan organik pengendali hama atau ROMA adalah buah pinang yang cukup tua tapi belum kuning, daun sirsak, batang serai, daun sirih, bawang putih, cabe rawit merah, daun tembakau yang sudah jadi, Air bersih,” terangnya.

Dijelaskan juga cara pembuatannya supaya dosis yang ada dalam ramuan organik hama tersebut cukup efektif membunuh hama seperti ulat, trip, kutu, daun, belalang, wereng dan walangsangit.

Terakhir, Kapten Kav. Eman Kusnadi menegaskan jika ingin hama tidak balik lagi, ambil hama tersebut secukupnya, kemudian hancurkan dan tambahkan ke ROMA dan fermentasikan selama sehari semalam.
“Yang terpenting untuk memaksimalkan hasil lahan harus punya keyakinan dan disiplin dalam pengerjaan lahan,” tutupnya.(Pendim0703Clp)

No Response

Leave a reply "DANRAMIL 12/KEDUNGREJA BERIKAN BEKAL RAMUAN ORGANIK HAMA KEPADA BABINSA"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.