by

Mo – Novi Gagas Bale Mediasi, Lindungi Perempuan dan Anak

Perlindungan terhadap perempuan dan anak, Mo Novi pasangan Nomor 4 dalam Pilkada Sumbawa. Komitmen kurangi kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Menurut Suten Sumarten, “langkah pertama bangun MOU dengan APH dan organisasi yang konsen pemberdayaan perempuan dan anak.” Ungkapnya

Selain itu, lakukan upaya preventif, edukasi, dan pelatihan kepada perempuan agar produktif, berdaya dan pemberian modal usaha.

Lanjutnya, “sebagai upaya meredam tingkat kekerasan dan perkelahian anak anak. Harus diatur melalui Peraturan Daerah (Perda) pemerintah Kabupaten Sumbawa.”

“Sala satu strategi yang paling bagus dan dianggap maksimal yakni berlakukan jam anak, lewat program magrib mengaji isya membaca.”

“Waktu magrib anak kembali kerumah masing-masing untuk mengaji dan beribadah, dan di waktu isya anak – anak belajar. Kalaupun mendesak harus keluar diwaktu tersebut anak anak hrs ditemani oleh orangtuanya atau anggota keluarga.” Ungkap Suten Sumarten sala seorang tokoh pemberdayaan perempuan dan pendiri PAUD Kecamatan Empang.

Untuk pertegas perlindungan itu, menurut Suten Sumarten “kedepan pasangan Mo – Novi mendirikan Bale Meditasi secara kelembagaan.”

Bale Mediasi itu adalah penyelesaian masalah tanpa harus lewat kepolisian dan Pengadilan. Kedepankan asas kekeluargaan, musyawarah dan mufakat.

“Khususnya kalau ada persoalan perempuan dan anak, kasus dalam rumah tangga, perkelahian anak, itu bisa diselesaikan dulu di Bale Mediasi.” Tuturnya.

Terakhir, kata Suten “Bale Mediasi ini nanti terdiri dari Mediator, tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk mengisi secara kelembagaan.” Tutupnya.

Suten Sumarten, Tokoh Pemberdayaan Perempuan dan Anak.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed