by

AKAL MENINGGAL SAMAKAN SURVEI MYI DENGAN KEMENANGAN ANIES BASWEDAN DKI JAKARTA

Hasil Survei MY Institute bulan Oktober untuk Paslon Mo – Novi paling tinggi sedang jadi bahan bincang-bincang. Bahkan guyonan lawan politik lebih dari sekedarnya.

Lawan politik tak bisa buktikan hasil surveinya. Hanya bisa interaktif terbuka dan mensandingkan hasil survei masa calon Ahok – Jarot, Agus – Sylvi, Anies – Sandiaga Uno.

Hasil Survei MYI itu mau bantah dengan logika analisis. Tapi analisanya tumpul. Karena samakan Masyarakat DKI Jakarta dengan Sumbawa. Ini menyesatkan masyarakat Sumbawa.

Mestinya, hasil survei dibalas hasil survei. Jangan hasil survei dicounterring hasil analisis posting postang status facebook. Masyarajat tak akan berpengaruh. Karena status FB tak bisa dipercaya.

Ada pula anggota DPR Aktif, katakan hasil polling FB yang menangkan paslon lain selain Mo – Novi hanya 225 suara votters. Membenarkan hasil survei tersebut. ilmiah katanya. Andai sengketa di Mahkamah Konstitusi pilkada Sumbawa. Mau jadikan bukti survei FB itu. Hahaha ada aja politisi busuk.

Belum lagi pendukung paslon lain. Tegak lurus kritik hasil survei MYI. Mungkin saja mereka malu kalau Mo – Novi pemenangnya.

Supaya cerdas sedikit. Rakyat Jakarta itu urban. Hidupnya berpindah-pindah. Tingkat kerasnya lebih tinggi. Rendah terhadap penilaian pemerintah. Kritis. Aktivitas tinggi. Mobilitas zero.

Kedudukan Jakarta ibu kota Negara. Gengsi tersendiri Menarik minat orang datang ke Jakarta.

Jakarta pintu gerbang utama Indonesia. Hubungan internasional, pusat kegiatan politik, sentra politik Asia-Pasifik, organisasi internasional.

Jakarta kota kegiatan ekonomi regional, nasional, dan internasional, di mana hampir 80% kegiatan ekonomi di Indonesia berpusat di Jakarta, bahkan 65% uang nasional beredar diwilayah Ibukota ini.

Jakarta pusat kegiatan sosial-budaya, serta pusat ilmu pengetahuan dan teknologi. Daya tarik ini yang membuat Jakarta semakin tumbuh.

Jakarta sebagai wilayah Urban – Rural masih dominan dalam ikatan kulturasi pada tradisi masyarakat pedesaan) yang kini menjadi the big village.

Beragam etnis, tradisi budaya, bahasa dan seni, bahkan hingga keragaman dalam beragama dan kepercayaan yang dianut
warganya.

Bandingkan Sumbawa. Tingkat masyarakat trans sangat kecil. Keragaman agama kecil. Budaya tidak terlalu membumi. Kehidupan masyarakat Sumbawa relatif rasional. Moderat.

Hal itu pilihannya pada Mo – Novi. Kenapa? paslon Mo – Novi memiliki konsep harmonisasi, leadership kuat. Komunikasi pembangunan jalan. Konsep program jelas. Keterpilihan tinggi.

Jadi. Survei MYI 27% itu angka stagnan. Tak bisa turun. Bahkan prediksi naik. Karena Paslon Nomor 5 kejar Nomor 3. Paslon Nomor 3 stagnan. Alami turun elektabilitas.

Turunya elektabilitas paslon Nomor 3 karena sering main lapor. Dianggap otoriter. Pendukungnya gaya preman. Ancama sana sini. Paslon nomor 3 lunglay. Pendukung lemas.

Kalau nomor 1 tak bisa masuk Empang dan Tarano. Terkunci sampe Plampang. Nomor 1 di Sinar Jaya Sepayung menang telak. Karena bangun proyek jalan mulus aspal.

Nomor 2 kuda pacuan letoy. Tak bisa ngejar. Timnya masih beringas. Belum moveon. Susah cari suara pemilih.

Pemilih Mo – Novi sudah stagnan. Tak bisa turun. Bahkan prediksi naik. Sekarang ada trend pemilih Paslon 3 diganggu oleh Paslon 5. Tarik dan keluarkan. Tujuannya agar paslon 3 dibawah Paslon 5. Mereka lagi kerja keras.

Namun, trend lain terjadi lagi. Banyak pemilih paslon 3 pindah ke Mo – Novi. Karena keseringan main lapor. Pemilih paslon 2 mengerutu terhadap paslon. Lalu pindah ke Mo – Novi. Pendukung Paslon 1 banyak pindah ke Mo – Novi karena faktor cabupnya Sakit – Sakitan. Tujuannya Samaris pembangunan.

Pemilih Paslon 5 pendukungnya banyak lari. Karena raja raja kecil di desa tidak suka Paslon 5. Isunya banyak split pribadi.

Jadi wajar saja, survei MYI naik 2,7 persen. Dari 24,1% menuju 27,9%. Karena perubahan pemilih dari beberapa indikator diatas.

Tak mungkin di Sumbawa sama seperti DKI Jakarta. Akal meninggal itu.

Chenk Pidang

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed