by

AMIN RAIS AKAN PIMPINAN UNJUK RASA 287


JAKARTA- Presidium Alumni 212 dan 23 ormas lainnya akan longmarch dari Masjid Istiqlal menuju gedung Mahkamah Konstitusi dalam aksi 287 pada Jumat 28 Juli 2017.

Aksi diawali dengan salat jumat berjamaah ini diklaim akan dihadiri sekitar 5 hingga 10 ribu masa.

“Insya Allah, Jumat 287 besok kami akan jihad kontitusional, akan aksi damai,” ujar Ketua Presidium Alumni 212, Slamet Maarif di Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (26/7).

Dalam aksi 287, Maarif menyatakan pihaknya dan ormas-ormas lain akan mengawal judicial review Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dan mengantar ormas-ormas yang bergabung GNPF-MUI yang mengajukan judicial review kepada MK.

“Sembilan dari enam pembina direncanakan hadir dalam aksi 287, salah satunya Amien Rais akan memimpin delegasi aksi 287 menuju Mahkamah Konstitusi,” kata Maarif.

Selain uji materi HTI, aksi 287 juga meminta pihak MK agar menyiapkan hakim yang adil, sebab, menurut Maarif, isi dari Perppu Ormas dinilai memiliki banyak kejanggalan dan melanggar proses hukum.

Selain itu, proses terbentuknya aturan tersebut juga dianggap memiliki banyak masalah. “Banyak rambu-rambu hukum yang dilanggar,” ujar Maarif.

Sebelumnya HTI mengajukan juducial review terhadap Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) ke Mahkamah Konstitusi.

Perpu yang terbit pada 12 Juli 2017 tersebut dimaksudkan untuk mencegah munculnya ormas yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945. (tc/ar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed