by

Pjs Bupati Rohul Masrul Kasmy Pimpin Apel Kesiapsiagaan Dan Gelar Sarpras Antisipasi Bencana Alam

ROKAN HULU-Apel kesiapsiagaan dan gelar Sarpras dalam rangka antisipasi bencana Alam di wilayah Kabupten Rokan Hulu (Rohul), Senin (9/11/2020) sekitar pukul 08.35 Wib di Lapangan Kantor Bupati  Rohul.

Apel tersebut dipimpin Pjs Bupati Rohul Dr Masrul Kasmy Msi, Perwira Apel AKP Bagus Hary Priyambodo, S IK dan Komandan Apel IPTU Efendi Lupino.

Giat dihadiri, Kapolres Rohul AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK, MH, Dandim KPR 0313 KPR diwakili Pabung Kapten Inf Yuhardi, Kalapas II B Pasir Pangarain M Lukman S Sos, SIP, MSi, Kajari Rohul diwakili Kasi Intel Ari Supandi, SH MH, Ketua Pengadilan Pasir Pangarain Sunoto, SH MH.

Kemudian Waka Polres Rohul Kompol Willy Kartamanah AKS MSi, Kasatpol PP dan Damkar Ridarmanto, Para Kabag, Para Kasat dan Kapolsek jajaran Polres Rohul, Para Kadis Pemkab Rohul, Kepala pelaksana BPBD Rohul Zulkifli, Kepala dinas perbuhungan diwakili Kabid Darat Afrizal.

Di lapangan kegiatan di awali dengan
Komandan apel memasuki lapangan Apel, Bupati Rohul memasuki lapangan Apel, Penghormatan pasukan kepada pimpina apel, Laporan komandan apel, Perwakilan pemasangan rompi bencana alam mengambil tempat dan laporan.

Setelah itu dilakukan Pengecekan kesiapan pasukan, kelengkapan sarana dan prasarana penanganan bencana alam, Arahan pimpinan apel, Laporan komandan apel, Penghormatan pasukan kepada pimpinan apel dan Doa.

Ketika itu, Pjs Bupati Rohul Dr Masrul Kasmy MSi, menyampaikan maksud dari apel ini agar bisa mengantisifasi bencana alam seperti banjir, longsor dan karhutla yang ada di Rohul.

“Cuaca saat ini memasuki musim hujan dan kami berharap satker yang ada saling membantu, apabila terjadi banjir,” katanya.

Masrul Kasmy Msi, mengharapkan semoga Rokan hulu tidak terjadi bencana alam. “Semoga kegiatan ini ada manfaatnya dalam membangun Negri Seribu Suluk ini, semoga menjadikan komitmen yang berkelanjutan dalam mengantisifasi bencana alam di Rohul,” pungkasnya

Dilanjutkan dengan arahan Kapolres Rohul AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat, SIK MH mengucapkan terima kasih kepada para peserta apel yang hadir di Halaman Hantor bupati ini.

“Dengan adanya apel kesiapsiagaan antisipasi menghadapi bencana Sekaligus menggelar sarpras ini merupakan bentuk komitmen kita bersama dlm rangka giat mitigasi thd segala bentuk gangguan yang bisa berdampak terhadap suatu peristiwa bencana,” paparnya.

Kapolres mengajak seluruh masyarakat utk memiliki peranan dlm menjaga lingkungan mangantisipasi sejak dini terkait dg beberapa lokasi kerawanan thd bencana agar tdk menimbulkan korban jiwa harta benda dan lainnya.

“Para babinkamtibmas bersama dengsn tiga pilar dimasing masing wilayah agar melakukan inventarisasi daerah atau lokasi yang memiliki kerawanan thd bencana baik bencana banjir maupun tanah longsor guna melakukan langkah langkah antisipatif,” imbuhnya.

“Kemudian para peserta apel dan seluruh personil babinkamtibmas agar bisa memberikan edukasi dan himbauan kepada Masyarakat untuk melakukan langkah konkrit yang paling sederhana adalah tidak membuang sampah sembarangan bisa melalui himbauan dalam bentuk spanduk dan lainnya,” katanya

Pasukan Peserta Apel tersebut diikuti, 5 Pleton Polri, 2 Pleton TNI, 1 Pleton Satpol PP, 1 Pleton Dishub, 1 Pleton BPBD, 1 Pleton Senkom, 1 Pleton Banser, 1 Pleton Ikatan Pemuda Karya, 2 Pleton Relawan Maggala Agni Satgas Bencana Alam, 2 Pleton Satria Kresna ,1 Pleton Damkar dan 1 Pleton Petugas Lapas.

Kegiatan tersebut berakhir sekitar Pukul 09.00 Wib, Kemudian selama giat berlangsung situasi aman dan tertib

(Adv/PR)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed