by

BUPATI PASAMAN RESMI BUKA RAKER DINAS PERTANIAN

PASAMAN-Raker Dinas pertanian yang diikuti penyuluh pertanian se Kabupaten Pasaman dalam rangka dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para petani dalam berusaha tani dibuka secara resmi oleh Bupati Pasaman Yusuf Lubis di Aula BP Lubuk Sikaping, Kamis (27/7).

Acara pembukaan Raker itu ikut hadir kepala Dinas Pertanian Yosvarman, Kabag Humas Anwir, serta Pengurus dan anggota penyuluh Pertanian se Kabupaten Pasaman.

Bupati Pasaman menyampaikan saat membuka raker itu yakin atas bantuan saudara visi Pemerintah Kabupaten Pasaman yakni “Terwujudnya masyarakat Pasaman yang sejahtera agamis dan berbudaya” dapat di wujudkan, karena petugas penyuluhan pertanian merupakan ujung tombak dari Pemerintah Kabupaten Pasaman dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para petani dalam usaha tani.

Melalui proses pembelajaran dan pendampingan bagi penyuluh pertanian melalui kelompok tani di harapkan petani dapat berusaha secara modern sehingga dapat menghasilkan usaha yang optimal sehingga meningkat kesejahteraan petani itu.

Salahsatu elemen sangat penting dalam pembangunan dibidang pengembangan pertanian adalah keberadaan penyuluh pertanian lapangan, sebagai pendamping dalam melakukan kegiatan usaha tani, menyampaikan informasi serta menjembatani dan menfasilitasi petani/kelompok tani tentu peran penyuluh tidak bisa diabaikan.

Penyuluh harus mengetahui potensi yang dapat di kembanmgkan di wilayah kerjanya dan juga penyuluh harus mampu berkomunikasi dengan perangkat atau lembaga yang ada didaerah kerjanya guna mendukung kinerja penyuluh itu sendiri.

Disamping itu kita juga melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap petani dan kelompok tani dalam rangka pengembangan dan peningkatan produksi perkebunan antara lain kakao, karet dan sawit

Bupati Yusuf Lubis berharap kepada seluruh penyuluh pertanian selalu meningkatkan kompetensi serta memberikan penyuluhan, pendampingan pada petani/kelompok tani sesuai dengan kompetensinya masing-masing.

Pemkab Pasaman berkomitmen untuk memperhatikan sektor pertanian, karena merupakan hajat hidup sebagian besar masyarakat kabupaten Pasaman.

“Komitmen itu di buktikan dengan memberikan dukungan anggaran terhadap penyediaan sarana dan prasarana bidang pertanian serta biaya operasional penyuluh pertanian,” ucap Bupati mengakhiri (di/icuk RZ)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed