by

PKM Penkresrek FIO Unesa Sosialisasikan Panduan Gizi untuk Pelatih dan Atlet PPLP Jatim

SURABAYA – Menyikapi situasi terkait penyebaran Covid-19, Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Provinsi Jawa Timur (PPLP Jatim) sebagai wadah pembinaan olahraga di kalangan pelajar membuat kebijakan bagi atlet agar berlatih secara mandiri di rumah.

Kebijakan ini cukup berdampak bagi atlet, baik secara fisik maupun psikologis. Hal ini dikarenakan kebiasaan atlet yang berubah ketika menjalani latihan secara mandiri seperti perubahan pola tidur, pola makan, serta mempengaruhi motivasi latihan mereka.

Menanggapi hal tersebut, Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Surabaya (FIO Unesa) melakukan pengabdian masyarakat kepada atlet dan pelatih PPLP Jawa Timur.

Selain untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, kegiatan pengabdian masyarakat ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi gizi kepada atlet dan pelatih PPLP di Jawa Timur.

Kegiatan edukasi gizi ini dilakukan dengan memberikan buku pedoman gizi yang disusun secara menarik dan mudah dipahami. Buku tersebut memuat beberapa materi dasar gizi olahraga yaitu macam-macam zat gizi dan manfaatnya, penghitungan kebutuhan energi, penyusunan menu, dan gangguan makan pada atlet.

Buku ini disusun oleh tim PKM Jurusan Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi (Penkesrek) yang beranggotakan Soetanto Hartono, Abdul Aziz Hakim, Ratna Candra Dewi, Dita Agustia, Anindya Mar’atus Sholikhah, dan Nanda Rimawati.

“Harapannya, dengan adanya buku saku ini tingkat pengetahuan atlet mengenai gizi seimbang dapat ditingkatkan, sehingga atlet dapat mencukupi kebutuhan gizinya sendiri selama masa pandemi Covid-19,” ujar Aziz, perwakilan tim PKM Jurusan Penkesrek. Selasa, (17/11/2020).

“Pada akhirnya, diharapkan daya tahan tubuh atlet tetap terjaga dan dapat tetap berpretasi di tengah pandemi ini,” tukasnya.

Buku ini diserahkan kepada Dispora Jatim yang diwakili oleh Nurul Ansori selaku Kepala Seksi Olahraga Pendidikan dan Prestasi Dispora Jawa Timur.

Penyerahan buku kemudian dilanjutkan dengan acara sosialisasi kepada atlet dan pelatih PPLP Provinsi Jawa Timur pada hari Selasa, 17 November 2020.

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan melalui Zoom Meeting dan dihadiri oleh perwakilan atlet serta pelatih dari masing-masing cabang olahraga.

Abdul Aziz Hakim mengatakan, kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk menginformasikan isi buku pedoman gizi kepada para atlet dan pelatih, sehingga nantinya mereka bisa mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Rangkaian kegiatan ini mendapat sambutan baik dari pihak pengelola PPLP Jawa Timur dan Dispora.

Melalui perwakilannya, pihak Dispora dan PPLP mengucapkan terima kasih kepada tim PKM FIO Unesa atas produk buku yang diberikan.

“Saya harap ke depannya FIO Unesa bisa terus berkolaborasi dengan Dispora Jawa Timur dalam memberikan edukasi gizi kepada atlet dan pelatih,” papar Ansori dalam sambutannya di akhir kegiatan sosialisasi. (ari)

Foto : Sosialisasi panduan gizi atlet untuk pelatih dan atlet PPLP Jawa Timur

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed