by

Ustadz Burhanuddin Gayo : Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Adalah Salah Satu Anjuran Agama

Siak-Indonesia adalah negara dengan keragaman suku, budaya, bahasa dan pemeluk agama yang cukup tinggi, jika dibandingkan dengan negara lain. Di Negara kita, tidak hanya Islam, tapi juga ada Hindu, Budha, Katolik, Protestan dan Konghucu.

Semuanya tetap mengedepankan nilai-nilai perdamaian dan kemanusiaan. Karena salah satu anjuran dalam agama adalah tetap mengedepankan toleransi, demi terciptanya persatuan dan kesatuan.

Toleransi yg agama ajarkan saling tidak meganggu keyakinan atau simbol-simbol keyakinan, menghina tokoh-tokoh Agama masing-masing, dan menghargai perbedaan pandangan dan pemikiran yang bisa di pertanggung jawabkan.

Dalam Islam sendiri, setiap pemeluknya dianjurkan untuk saling mengenal satu dengan yang lain. Karena setiap manusia mempunyai karakter yang berbeda satu dengan yang lain. Karena itulah, dalam Al Quran dijelaskan agar manusia saling mengenal.

Anjuran ini dijelaskan dalam Al Quran, di QS Al-Hujurat ayat 13, yang berbunyi, “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal,” katanya

Dalam berbagai kitab agama lain selain Islam, juga mengedepankan perdamaian dan persatuan. Bahkan, nilai-nilai kearifan lokal yang tersebar dari Aceh hingga Papua, juga mengedepankan persatuan dan kesatuan.

Perpaduan antara nilai-nilai agama dan kearifan lokal inilah, yang akan menjaga keberagaman bagi Indonesia kedepan. Dan perpaduan keduanya, terbukti telah memupuk kerukunan antar umat beragama di Indonesia. Tak heran jika nilai-nilai keagamaan inilah yang kemudian diadopsi dalam sila pertama Pancasila.

Bila kita sebagai masyarakat yg beragama, memahami agama secara utuh, kita akan bisa melihat segala persoalan secara obyektif. Dengan memahami agama secara benar, kita akan mempunyai filter yang kuat. Karena agama pada dasarnya menuntun setiap manusia untuk menuju jalan yang benar. Dan salah satu ajaran yang benar adalah menjaga persatuan dan kesatuan.

Untuk bisa mewujudkan semua itu, tentu harus menjalankan segala perintah dan menjauhi segala larangan-Nya. Wassalam.

(Simon)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed