by

Sebagian Para Caleg PKB Rohul 2019, Dukung H Hamulian, SP -M Sahril Topan ST

ROKAN HULU-Para Kader  Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang tidak mau disebut namanya serta Caleg-Caleg lainnya telah mendukung pasangan  H Hamulian, SP-M Sahril Topan ST, ketimbang memilih kader Partainya sendiri,  pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Menurut  para Mantan Caleg PKB tentunya keputusan pilihan ini sudah melalui pertimbangan-pertimbangan yang sangat teknis.

“Kemudian sudah kami lakukan kajian-kajian  yang profesional, untuk itu mereka mengharapkan kepada semua kader pemilihnya dan simpatisan agar menetapkan pilihannya kepada H Hamulian, SP-M Sahril Topan ST,” kata mereka.

Karena H Hamulian-M Sahril Topan ST, sambung,  punya visi-misi yang terukur dan konkrit serta telah banyak berbuat untuk Negeri ini, baik bidang infrastruktur jalan maupun bidang keagamaan membangun Masjid dan Musholla.

“Sedangkan Paslon lainnya yang pernah menjabat belum banyak berbuat untuk Rokan Hulu,” tegas mereka.

Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini menuturkan, fenomena kader partai politik pindah ke partai politik lain saat Pilkada  bukan hal yang baru lagi.

Menurut dia, kejadian seperti itu sudah terjadi sejak lama dan kerannya semakin terbuka setelah Indonesia kembali mengalami kondisi multipartai pasca-reformasi.

Titi menuturkan, pasca-Pemilu 1999, fenomena kader pindah partai sebagian besar akibat tarik-menarik kepentingan, terutama dalam mendulang suara.

Menurut Titi, alasan kader partai “loncat” dari satu parpol ke parpol lain disebabkan bertemunya dua kepentingan pragmatis.

“Kepentingan partai untuk mengusung caleg-caleg yang bisa menggaet suara pemilih, bertemu dengan kepentingan para kader yang ingin memastikan keterpilihan atau kemenangannya melalui partai yang dianggap lebih akomodatif pada tujuannya tersebut,” kata Titi.

Selain itu, kata Titi, perpindahan kader juga disebabkan kondisi partai yang mengalami perpecahan atau kisruh di internal.

“Sebut saja  sampai hari ini masih ada Partai mengalami sengketa diantara para pengurusnya,” kata dia.

(pR)

Keterangan Gambar: Para Kader PKB Rohul berjuang bersama Paslon H Hamulian-M Sahril Topan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed