by

Pandepokan Seni Budaya Cahaya Banten Lahir Batin Harapkan Bantuan Alat-alat Seni dari Pemerintah Daerah

LEBAK-Padepokan seni budaya cahaya Banten lahir batin mengharapkan bantuan dari pemerintah daerah alat-alat seni budaya seperti gendang, terompet dan lainnya untuk mendukung terus berjalannya padepokan ini untuk melestarikan budaya leluhur yang ada di Kabupaten Lebak Banten.

Pimpinan Pedepokan Cahaya Banten Lahir Batin Marham saat ditemui detikperistiwa.com di Markas Padepokan Kp.Babakan RT.018/RW.005 Desa Karyajaya, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak Banten Senin 31 Nopember 2020 menerangkan,saya mendirikan Padepokan Cahaya Banten Lahir Batin ini sudah berjalan hampir 20 tahun depan anggota sebanyak 350 orang.

Kendala yang dihadapi kata Marhan adalah tidak mempunyai alat-alat seperti gendang, terompet karena itu yang dibutuhkan.


“Jadi saya mohon bantuannya kepada pemerintah daerah ataupun pemerintah desa setempat, kepala desa, bantulah kami, karena selama ini belum pernah mengajukan bantuan kepada pemerintah, mohon kepada pemerintah dibantu benar-benar,” harap Marham.

Sementara untuk latihannya tiap malam Selasa dan malam Minggu.imbunya.

Kedepannya,kita mohon dukungannya dari pemerintah maupun dari anggota, supaya padepokan ini maju terus pantang mundur,tandas Marhan.

Selanjutnya Marhan pun menjelaskan, bahwa padepokan seni budaya cahaya Banten lahir batin sering dipanggil ke Desa Gununganteun,Cireundeu dan ke Kp Rangkong,

Hal senada disampaikan pelatih seni budaya cahaya Banten lahir batin ranting Lodaya, kalang Lodaya Hidayat, katanya memohon bantuan dan dukungannya kepada pemerintah daerah melalui dinas terkait untuk membantu padepokan dalam kegiatannya.

“Walaupun tidak mempunyai alat dan selalu pinjam,kami tetap semangat untuk maju demi meneruskan seni budaya leluhur kami, khususnya Banten,” terang Hidayat.

Seni budaya ini ada debus juga seperti beling,solder, di bakar,golok terus yang ditusuk dan segala macam sulap juga ada,” ujar Hidayat.

Kami selalu semangat dengan terus berlatih, anak-anak juga selalu semangat walaupun cuaca hujan maupun hujan hujanan, kamu tetap senang dikarenakan kami punya kemauan, keinginan untuk maju dan terus maju, ” tandas Hidayat.

Hidayat pun menyampaikan harapannya kepada pemerintah dukungannya, mohon dibantu dalam segi kebutuhan padepokan atau perguruan ini seperti alat gendang dan alat-alat lainya.

(dul fik).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed