by

TATA CARA PILKADES SERENTAK DISOSIALISASIKAN DI NIAS BARAT

NIAS BARAT-Bertempat Tokosa Hall Onolimbu Lahomi Kab. Nias Barat, digelar acara Pelantikan Panitia Pemilihan Kepala Desa Serentak dan Sosialisasi Tata Cara Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak oleh Bupati Nias Barat Bapak Faduhusi Daely, S.Pd di dampingi Wakil Bupati Nias Barat Bapak Khenoki Waruwu (30/7)

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Nias Barat (Sozisokhi Hia, SH) menjelaskan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan ini (1) UU No 6 Tahun 2014 ttg Pemerintah Desa (2) PP No. 43 Tahun 2014 (4) Permendagri No 112 Tahun 2014 (5)

Kemudian, Perda No.2 Tahun 20170 (6) Perbup No. 5 Tahun 2017 tentang aturan pelaksanaan Peraturan pelaksanaan Tata Cara Pemilihan Kepala Desa serentak Tahun 2017 Kabupaten Nias Barat.

Selanjutnya Sapaan Wakil Bupati Nias Barat Bapak Khenoki Waruwu, beliau mengharapkan kepada Panitia yang akan dilantik hari ini..

“Agar bekerja dg baik serta sanggup menunjukkan profesionalisme dan independensi, sehingga pelaksanaan Pilkades serentak berjalan dengan baik,” ujar Wabup.

Lebih lanjut Wabup katakan bahwa jika ada masalah dalam pelaksanaan tahapan pilkades ini nanti, maka bijaksanalah dalam menyelesaikan supaya tidak terjadi gesekan- gesekan dan konflik yang tidak di inginkan, demikian juga kepada peserta pilkades nanti

“Supaya berkompetisilah dengan sportif dan apapun hasilnya nanti maka legowo dan terima apapun kenyatan yang ada,” katanya menambahkan.

Arahan dan bimbingan Bupati Nias Barat Bapak Faduhusi Daely, S.Pd mengatakan bahwa diakhir bulan Juli ini, kita patut bersyukur karena oleh kasih Tuhan, kita telah melalui tujuh bulan sudah berlalu di tahun 2017 dan pada hari terakhir bulan Juli ini, kita bertemu dalam suasana damai dan sukacita pada momen yg sgt penting dalam agenda Pilkades secara serentak.

Lebih lanjut disampaikan Bupati bahwa ada tiga agenda Nasional dan daerah yang harus kita sukseskan yakni,
(1) Pilkades Serentak khusus Kab. Nias Barat untuk 105 desa yang di gelar 15 Nop 2017, (2) Pilgubsu yang di gelar bulan Juni 2018 dan (3) Pileg dan Pilpres yang di gelar bulan April 2019.

Tambah Bupati Nias Barat, kalaulah hari ini kita laksanakan sosialisasi Tata Cara Pemilihan Kepala Desa Secara Serentak.

“Maka kita telah mengikuti kepatuhan aturan dan legalitas dlm pelaksanaannya, tentu secara profesional, akuntabel dan menjaga netralusasi penyelenggara,” papar Bupati.

Pilkades adalah wadah kedaulatan rakyat yang tidak boleh ternodai berazaskan hak mutlak masyarakat yg tidak bisa di wakilkan. Oleh karenanya, kepada panitia jaga jati diri dan jangan terpengaruh terhadap isu yg tidak bisa di pertanggungjawabkan kebenarannya.

“Sehingga apa yang menjadi tujuan kita adalah masyarakat kuat, utuh dan berdaya dapat terwujud. Pilkades serentak ini kita harapkan menghasilkan pemimpin-pemimpin di tingkat desa yg berkualitas, elegant dan mampu menjadi perekat dan penyejuk di tengah – tengah masyarakat desa,” ujar Bupati mengakhiri. (sis)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed