by

BUDIMAN CALON WALI SAMPAIKAN VISI-MISI DITENGAH- TENGAH MASYARAKAT


PASAMAN-Budiman, Calon Wali Nagari Tanjung Betung menyebutkan, pencalonan Wali Nagari untuk mejadi pimpinan nagari di kenagarian Tanjung Betung adalah bukan hal utama dan yang mendasar dalam diri pribadi.

“Namun, pencalonan wali nagari ini adalah atas keterpanggilan hati masyarakat untuk menjadikan nagari ini berubah menjadi nagari yang sesuai dengan harapan Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Ninik mamak, Bundo Kanduang, Para orangtua, generasi pemuda, serta generasi penerus lainnya khususnya kaum pelajar yang sedang menuntut ilmu di bangku pendidikan,” katanya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Budiman mengatakan, atas keterpanggilan hati masyarakat untuk perubahan nagari yang lebih baik.

Ia sendiri sebagai calon wali nagari dengan pengalaman yang dimiliki serta dibarengi dengan berupa doa bersama, kemampuan bersama dan usaha bersama.

“Insyaallah dalam harapan bersama ini akan berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan visi-misi itu, sebab sudah terbenam dalam hati sendiri dan bersama yakni berupa Bidang Keagamaan, Bidang Pemerintahan, Bidang Ekonomi dan Bidang Infrastruktur Sarana dan Prasarana,” Katanga.

Budiman menjelaskan, untuk mencapai Bidang Keagamaan itu perlu menjadikan Pendidikan dan Budaya sebagai pondasi utama dengan cara meningkatkan fungsi Mesjid dan Surau sebagai sarana peribadatan, pendidikan dan pembinaan umat Islam.

Kemudian, meningkatkan pembinaan PAUD, TPQ, TPSQ, MDA, dan LPTQ di setiap kejorongan nagari Tanjung Betung.


Begitu juga dengan meningkatkan kelompok-kelompok Majelis Taklim dan Wirid Yasin serta untuk melestarikan kesenian tradisional dan budaya di Nagari Tanjung Betung yang pada umumnya di kenagarian ini memiliki berbagai ragam suku dan budaya yang berbeda.

Bidang Pemerintahan, mempercepat pemekaran nagari Tanjung Betung demi terciptanya Efektifitas pelayanan terhadap masyarakat.

Terciptanya penyelenggaraan pemerintah nagari yang bersih, baik dan transparan serta bertanggungjawab. Kemudian memberikan kemudahan dalam hal pelayanan yang prima dan penyaluran aspirasi masyarakat.

“Tidak kalah penting adalah meningkatkan koordinasi dengan masyarakat dalam pengawasan yang Efektif terhadap penyelenggaraan pemerintahan yang dijalankan pemerintah nagari,” ucapnya.

Kemudian kata Budiman, dalam Bidang Ekonomi diperlukan beberapa perubahan yang mendasar bagi kemajuan perekonomian nagari, yakni salah satunya adalah dengan meningkatkan perekonomian masyarakat melalui BUMNAG (Badan Usaha Milik Nagari), meningkatkan pendapatan asli nagari dengan dasar meningkatkan potensi nagari sesuai dengan kebutuhan masyaraka

Dibantu dengan pengembangan industri-industri kecil berupa kerajinan yang sudah digeluti masyarakat selama ini dan berupa kuliner seperti makanan ringan. ” Kemudian dianggap bisa menjadikan sumber pendapatan masyarakat perorangan dan kelompok. Dan peningkatan hasil pertanian dan perkebunan masyarakat secara pembinaan yang berkelanjutan dan tahap demi tahapan,” bebernya.

Selanjutnya, paling utama dalam mewujudkan visi misi tersebut adalah tidak lepas dari bidang sarana dan prasarana, yakni dengan aspirasi masyarakat dengan cara melibatkan unsur-unsur masyarakat dan pemerintahan nagari dalam perencanaan nagari dengan catatan Memprioritaskan pembangunan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Meningkatkan swadaya masyarakat dalam pembangunan nagari dan meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana dalam bidang olahraga dan seni budaya serta meningkatkan pembangunan sarana kehidupan ekonomi, agama, pendidikan dan sosial.

Budiman mengharapkan kedepannya agar penjelasan visi misi tersebut dapat terwujud sesuai dengan keinginan masyarakat. ” Sebab tampa dukungan masyarakat hal itu tidak akan pernah terwujud dan terpenuhi, ” harap Budiman calon pilwana No. 4 ini. (Icuk Rz).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed