by

Usul Kepada Pemerintah agar Segera Jadikan Proyek Pengadaan Matic Fisheries Drone Dan Sea Drone Ngepet

______________

**** Tulisan ini tidak mutu, tapi Ide Membuat MATIC FISHERIES DRONE DAN SEA DRONE NGEPET itu sangat berkelas. Karena ada dua problem di Laut Indonesia; IUUF dan Penjajahan Kedaulatan.

________________

Dari sisi zona penangkapan ikan kita sdh sangat dirugikan, mereka sdh pasti memiliki data yg valid utk arahkan para nelayannya menangkap pada titik2 kordinat yg sdh mereka buat resume tinggal ciduk aja, jalur kawanan ikan dan pola migrasinya sdh terpantau dgn jelas dan mungkin bisa dicegat hingga rubah jalur kawanan ikan bermigrasi dgn kecanggihan mereka punya Alat dan Armada.

Nah nelayan kita bisa apa saat ini, ada alat canggih dikit terkadang susah operasikan kurang familiar alasannya.. setingkat pake Setiur Hydrolik aja. Betul sekali.

Ya kembali ke tim Ahli Perikanan dan Kelautan dgn dukungan semua pihak yg terkait, gimana pola Mitigasinya karena ini juga akan menjadi sebuah bencana kedepan utk segera ciptakan Format dan didik taruna jadikan ahli yg profesional, jangan oreintasikan mereka cuma jadi PNS dan sebagai penyuluh yg hanya bekerja setengah hati nantinya..
Biar kita yg tua2 saat ini manfaatkan sisa umur yg ada jaga gawang diwilayahnya masing2.

Pak Ketua jaga di Timur Laut Banda, Arafura dan Papua dan aku di Barat Samudera Hindia.. karena luas banget cuma 6.000 Mil tembus ke benua Antartika.

Mestinya begitu. Pemerintah tidak sigap. Itu masih 1 drone yang muncul. Belum lagi drone yang lain. Kan sdh saya bilang hari ini Drone yg kita temukan. Besok lusa bukan lagi Drone.

Tapi JARING MATIC DAN ROBOT JADI RUMPON JALAN DILAUT.

Jaring Matic ya. Begitu ketauan dia bisa pindah ke perairan internasional, haha, termasuk Robot jadi Rumpon.

Luar biasa ya. Kecanggihan peralatan diperhitungkan dgn hasil yg mereka dapat ga seberapa mereka buang biaya sedikit utk riset.

Betul. Kayaknya bagus juga alat tangkap matic. And the result iiiissss. KITA SIBUK DENGAN ATURAN, MEREKA SIBUK nangkap2in ikan bahkan diempang depan rumah kita sendiri. Mau nangis tapi malu.

Saya mau bahas Drone ini lagi nangkap ikan. Yah, silakan… drone yg mana tuh ketua.

Hari ini sederhananya Seaglider masih jalan sendiri2 besok sdh kayak difilem TRANSFORMERS mereka gabung jadi rame bisa narik dan muter-muter Jaring Matic.

Ada banyak drone nangkap ikan di Laut Indonesia. Itu ktnya bukan drone, tp pipa bersayap klo orang pesisir inggris sana memyebutnya seaglider. KATANYA SIHH

Apa bedanya drone sama seaglider?. Mungkin krna gak bs terbang ketua hahahaha.

Emang bodoh itu pipa, dikasih sayap aja msh gak mau terbang.

Definisi yang dimunculkan ke media itu hanya mecah memcah konsentrasi. Padahal seaglider itu ada diatas punggung drone itu.

Iyaa, kita disibukkan dgn pipa bersayap, hingga KSAL ikut lihat itu pipa. Belum ada tindakan dan keterangan resmi pemerintah.

Drone/seaglider/pipa bersayap emang luar biasa, jadi ada ide saya, klo pemerintah keluarkan sayembara penangkapan pipa bersayap makin seru juga tuh, apalagi klo hadiahnya menarik. Misalnya sepasang kambing siap sate, atau apa gitu hadiahnya.

Namanya; “MATIC FISHERIES”. Drone drone yang menyebar ini sekaligus mengambil data data jumlah ikan, jumlah karang, luas pulau, garis pantai dll.

Alat tangkapnya kecil cukup 1 ton sekali nangkap. Cara kerjanya: sekali nangkap bawa ke daratan. Keren ngak.

MATIC FISHERIES DRONE. Pertanyaannya apa kita buat sendiri?. Apakah mampu?

Bagus juga ide pak. Contoh negara mana yang sudah ada MATIC FISHERIES DRONE.

Nah itu dia, bisa ga kita jadi trendsetter jangan terus jadi Followers. Kalo ga Norway trus Vietnam rujukannya selalu.

Padahal jargon kita
“Nenek Moyangku Seorang Pelaut” tapi kali ini kalah telak dengan Popeye padahal cuma makan bayam.

Kalo masih berfikir. ‘Maenstream ya ga jalan sedikit ‘gila bolehlah utk hal yg positif.

Kira2 drone itu bisa ditukar sm perahu nelayan kek yg dulu gak yaah. Saya bayangkan negara ciptakan matic drone fisheries ini dalam kapasitas besar.

Lalu berikan ke nelayan. Dronenya saja yang nangkap ikan. Klo bisa ok juga tuh, nelayan pada mau tuker sm perahunya kayaknya.

Kita tinggal menunggu dirumah dan dipasar. Yang jelas kapal perahu alat tangkap tidak akan laku nanti. Lambat laun akan punah.

Sebenarnya menteri KKP visi strategis kedepan itu bisa MATIC FISHERIES DRONE.

Sekarang KKP Fokus ke PNBP. Andaikata investor vietnam buat drone angkut benih lobster, gimana dong?. Penyelundupan pakai drone.

Wuiih… Mereka jadi pny ide bagus tuh tum. Kenapa dibuka, hehe

Hehehehe… pekerjaan nelayan kedepan nunggu drone pulang dong, kek perulangan kasus BENI NGEPET sang tuan nunggu lilin aja dirumah.

DRONE NGEPET
Ide lagi. Nanti ada dua drone;
1. Matic fisheries drone
2. Drone ngepet

Kalau dulu ada babi ngepet, sekarang ada Drone Ngepet.

Waduuhh… betapa gelisah kita udah diambang batas, jd sebenarnya kapan persoalan perikanan dan kelautan ini jelas yaah.

Iya pak ketua jangan terus kita hanya menunggu dan berfantasi menjurus ke Halusinasi akibat Regulasi yg semakin tak pasti… Mau gimana 2021 ini Skala Prioritasnya apa?

Kalau pemerintah ngak cepat pak dok. Habis kita

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed