by

Antisipasi Kontijensi Bencana Alam, Polres Serang Kota Apel Bersama

SERANG – Polres Serang Kota Polda Banten bersama dengan BPBD, Dinkes, Damkar, Kodim 062, dan Satpol-PP Kota Serang melakukan apel bersama di Alun-alun Kota Serangz Rabu (20/1/2021).

Dalam acara tersebut, hadir semua perwakilan instansi terkait dalam rangka persiapan dan pengecekan sarana dan prasarana serta personil aparat gabungan dalam rangka mempersiapkan bencana alam di Kota Serang.

Kapolres Serang Kota AKBP Yunus Hadith Pranoto, S.IK., M.Si., menjelaskan, penjagaan dari tugas gabungan tersebut dalam rangka warning apabila terjadi bencana alam sewaktu-waktu.

“Jadi kita bersama-sama dengan Instasi terkait dibawah kepemimpinan kepala BPBD melaksanakan kegiatan ini untuk kita mengecek persiapan sarana dan prasarana serta personil dalam menghadapi antisipasi apabila terjadi bencana alam khususnya yang ada di Kota Serang,” katanya saat ditemui dilokasi.

Menurutnya, sejauh ini pengecekan secara umum, pihaknya berpendapat alat perlengkapan sarana dan prasarana sudah cukup memadai.

Akan tetapi, untuk jumlah personil yang ada, pihaknya mengatakan perlu ada penambahan jumlah untuk meningkatkan kewaspadaan saat bencana tiba.

Meskipun begitu, dengan jumlah yang ada, pihaknya akan memaksimalkan potensi personil yang ada untuk tetap siap siaga di lokasi bencana apabila terjadi bencana besar.

“Biasanya kalau di Kota Serang itu bencananya kalau tidak rawan banjir, dan angin puting beliung, sehingga kami siapkan sarana dan prasarananya, kita cek untuk persiapan nya, sehingga apabila dibutuhkan sewaktu-waktu dapat melakukan tindakan yang dibutuhkan masyarakat,” tegasnya.

Terakhir, ia menjelaskan untuk pembagian tugas masing-masing Instasi, ia telah menyiapkan grup yang akan saling berkoordinasi terkait informasi tanggap bencana yang terkoneksi secara keseluruhan tanpa terkecuali.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Serang Kota didampingi Kabagops Polres Serang Kota, Kasubbag Dalops dan Para unsur Forum Komunikasi Pemerintah Daerah Kota Serang melakukan pemeriksaan peralatan dan perlengkapan yang diperlukan seperti perahu karet, alat penerangan, pelampung, gergaji mesin serta peralatan lainnya.

(TP/HUMAS).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed