by

Dukung Pilihan Jokowi, Ini Harapan Solidaritas Merah Putih Untuk Kapolri  Baru

Jakarta – Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo bakal segera dikukuhkan sebagai Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang akan pensiun pada Februari mendatang.

Listyo, tinggal melewati satu langkah terakhir pemilihannya tersebut, yakni uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Komisi III DPR RI pada Rabu (20/11/2021).

Dalam beberapa kesempatan, sejak resmikan diusulkan Jokowi sebagai calon tunggal, Listyo menyampaikan program dan komitmennya jika resmi jadi Kapolri. Dukungan pun mengalir ke sosok Jendral berbintang tiga ini.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Solidaritas Merah Putih (DPP SMP), menyatakan dukungan dan kekagumannya atas program dan komitmen Kapolri terpilih yang diusung oleh Presiden RI, Jokowi.

“Tentu pilihan Pak Jokowi ke Komjen Listyo Sigit cukup beralasan dan diambil melalui suatu proses pencermatan yang mendalam melalui suatu keputusan dan penuh pertimbangan yang matang, kami percaya Pak Jokowi dan mendukung bahwa ini adalah keputusan yang terbaik,” kata Anshar dalam rilisnya ke awak Media, Kamis (21/01).

Solidaritas Merah Putih, berharap kebijakan Kapolri ke depan lebih mengutamakan pendekatan keadilan restoratif (restorative justice), sesuai komitmen Komjen Pol Listyo Sigit yang tertuang dalam 8 butir komitmennya ketika resmi jadi Kapolri. Ini sangat penting guna untuk memenuhi rasa keadilan semua pihak.

lebih lanjut, Anshar ilo menyambut baik adanya rencana kebijakan Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit yang hendak menghapuskan sistem tilang lapangan oleh anggota kepolisian. Langkah penegakan hukum berbasis elektronik (ETLE) akan mengurangi negoisasi antara anggota pelanggaran lalulintas.

“Ini program sangat tepat, agar paradigma dan pandangan masyarakat ke kepolisian berubah, Tidak ada kesan polisi selalu mencari kesalahan, tidak ada kesan jelek masyarakat kepada polisi jika ini diberlakukannya dengan efektif,” terang Anshar.

“Ke depan kita berharap Komjen Pol Listyo Sigit tetap konsisten menjalankan prinsip Profesional, penegakan hukum yang tidak tajam kebawah tumpul ke atas, dan institusi kepolisian semakin solid dan dicintai oleh rakyatnya,” harap Pemuda kelahiran Sulawesi Selatan ini.

Editor: RB. Syafrudin Budiman SIP

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed