by

WAGUB NASRUL ABIT MELEPAS 412 KONTINGEN PRAMUKA SUMBAR MENGIKUTI RAINAS KE CIBUBUR

Sijunjung – Sebanyak 412 pramuka penegak dan pandega utusan Kwarda Gerakan Pramuka Sumbar mengikuti Raimuna Nasional (Rainas) di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta 13 sampai 21 Agustus.

 

Keberangkatan peserta dilepas secara resmi Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar Nasrul Abit di halaman Kantor Bupati Sijunjung Rabu sore (9/8/2017).

 

Hadir Pj. Kwartir 03 Gerakan Pramuka Sumbar Yulius, unsur pimpinan Kwarda Pramuka Sumbar, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Kakwarcab Arival Boy, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sijunjung dan undangan lainnya.

Wagub Sumbar dalam arahannya berharap agar peserta betul-betul dapat mengikuti semua kegiatan Rainas dengan sungguh-sungguh sehingga dapat menimba pengalaman di tingkat nasional untuk kemajuan pramuka di Sumbar.

 

Nasrul Abit uga meminta agar peserta bisa menjaga nama baik Sumbar di kancah nasional tersebut.

Wagub dalam sambutannya  diselingi dengan pantun tersebut meminta peserta menjaga kesehatan agar bisa sukses mengikuti.

 

Wagub Naarul Abit disela sela acara juga menegaskan, pembinaan gerakan pramuka Sumatera Barat,  juga sekaligus melakukan revolusi mental regenerasi anak bangsa terhadap globalisasi teknologi,  sebagai ujung tombak generas muda menjauhi dan pemberantasan narkoba, menumbuhkan kembangkan manusia Indonesia yang berkarakter,  berbudi pekerti yang baik,  juga menjadi pemimpin harapan bangsa masa depan.

 

Wagub Nasrul Abit juga setuju pramuka yang bersih,  polos ,netral dapat menjadi penggawas pemilihan umum, jika diminta , karena ini juga dapat menjadi pelajaran tersendiri  dalam mengawal kesatuan,  keutuhan NKRI,  ujarnya.

 

Bupati Sijunjung dalam sambutannya mengemukakan dengan dipercayanya Sijunjung sebagai tempat melepas keberangkatan agar dijadikan sebagai penambah semangat dalam memajukan gerakan pramuka di Sijunjung.

 

Pj. Kakwarda Yulius dalam sambutannya berharap agar kontingen mampu menjaga nama baik Minangkabau sebagai daerah yang memegang teguh adat basandi syarak, syarat basadi kitabullah.

 

Keberangkatan kontingen yang merupakan utusan kwarcab pramuka se-Sumbar ditandai penyerahan bendara kontingen kepada Ketua Dewan Kerja Daerah (DKD) Pramuka Sumbar Zhilal Darma oleh Wagub dan juga pemasangan jeket kontingen kepada perwakilan peserta.

Zilal Darma dalam laporannya menyebutkan pada Raimuna Nasional tahun 2017 ini yang belum bisa mengikutinya dari Dharmasraya dari seluruh kwarcab yang ada di Sumbar.

 

Dalam upacara tersebut diwakili  Kwarcab, Sijunjung, Pasaman Barat, Bukittinggi, Kabupaten Solok dan Payakumbuh.Sementara Kwarcab Kota Solok meskipun berangkat dengan jalan darat Rabu kemarin sepertinya tak mau bergabung untuk mengikuti upacara pelepasan.

 

Sejumlah pimpinan rombongan dari kwarcab lain menyesalkan kejadian tersebut dan berharap untuk masa mendatang kejadian itu tak terulang lagi. Sebab pramuka tersebut harus mengutamakan rasa kebersamaan dalam membangun anak bangsa ini. (Hms Sumbar/ Rz )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed