MASYARAKAT BAJO BAHARI DAN POLRES BUTON GELAR UPACARA BENDERA DI ATAS LAUT

BUTON – Masyarakat Desa Bajo Bahari, Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara bersama jajaran Polres Buton menggelar upacara bendera dalam rangka hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia ke- 72 diatas laut di desa itu pada Kamis 17 Agustus 2017 sekitar pukul 12.00 Wita.

Pada upacara itu, Kapolres Buton, AKBP Andi Herman S.I.K bertindak sebagai Inspektur upacar, Babinsa Koptu Sutardi sebagai Komandan, dan Kepala Desa Bajo Bahari, Si Nusir sebagai pembaca teks proklamasi kemerdekaan RI yang dihadiri sejumlah petinggi Polres Buton dan masyarakat setempat.

Kapolres Buton, Andi Herman saat diwawancarai sejumlah awak media usai upacara tersebut mengatakan, bahwa itu dilakukan karena di Bajo Bahari tidak memiliki lapangan untuk menggelar upacara. Sehingga upacara dilaksanakan di atas air laut, lagi pula itu juga merupakan ciri khas masyarakat setempat yang didominasi nelayan.

“Ini merupakan inisiatif masyaraka Bajo Bahari bekerjasama dengan Polres Buton, dan ini adalah hal pertama yang dilakukan di Buton dengan harapan menumbuhkan rasa nasionalisme tengang makna Pancasila dan NKRI adalah harga mati,” kata Andi Herman.

Meski dilaksanakan secara sederhana, lanjut Andi Herman namun masyarakat setempat antusias menggelar upacara tersebut sehingga bisa berjalan lancar dan penuh khidmat. Namun tidak menuntut kemungkinan kedepan akan dilakukan lebih meriah dibanding saat ini.

“Dan ini juga bisa terlaksana karena adanya partisipasi masyarakat dengan penuh semangat melaksanakan upacara bendera yang penuh khidmat dan semangat kebangsaan,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Bajo Bahari, Si Nusir mengungkapkan bahwa selama Indonesia Merdeka sejak 17 Agustus 1945 lalu, masyarakat di desa itu belum pernah melakukan upacara bendera memperingati HUT RI. Kendalanya adalah di desa itu tidak memiliki lapangan yang digunakan untuk upacara. Namun atas kerjasama bersama Polres Buton, di usia 72 tahun Indonesia merdeka, upacara bendera bisa dilaksanakan.

“Sejak Indonesia merdeka, baru kali ini kami lakukan upacara, karena disini tidak ada lapangan, dan ini semua berkat Polres Buton, kami bangga sama Polres Buton, untuk itu kami berharap kepada pemerintah agar membuatkan kami lapangan sehingga kedepan kami juga bisa upacara seperti desa-desa yang lain,” katanya dengan nada terharu.

Hal senada juga dikatakan salah seorang warga Bajo Bahari, Takdir, bahwa upacara bendera dalam rangka memperingati kemerdekaan RI, baru kali pertama dilakukan sejak Indonesia merdeka. Dia berharap pemerintah agar desanya dibuatkan lapangan sehingga bisa melaksanakan upacara bendera, setara dengan masyarakat lainnya khususnya di Buton.

“Alhamdulillah kepada Polres Buton yang telah mau melaksanakan upacara disini, kami harap pemerintah bisa buatkan lapangan supaya kami dapat laksnakan upacara seperti yang lain,” harapnya. (La Ode Ali)

No Response

Leave a reply "MASYARAKAT BAJO BAHARI DAN POLRES BUTON GELAR UPACARA BENDERA DI ATAS LAUT"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.