PEMKAB  ROHUL SOSIALISASIKAN TP4D 

No comment 309 views

ROKAN HULU- Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) H.Sukiman,  membuka Sosialisasi Dana Desa (DD) dan TP4D, ke seluruh desa se-Kabupaten Rohul, Kamis (24/8).

Sosialisasi digelar atas kerja sama Kejaksaan Negeri Rohul dengan Pemkab Rohul yang digelar di Convention Hall Islamic Center.

Kajari Rohul, Freddy Daniel Simanjuntak mengatakan, sosialisasi sangat penting dilaksanakan, untuk pembangunan desa di Rohul.

“Semu‎a kejaksaan di seluruh Indonesia, melaksanakan sosialisasi DD dan TP4D ke seluruh desa yang berada diwilayah hukum masing-masing,” sebutnya..

Freddy juga mengskui untuk di Riau sendiri jumlah DD capai Rp1,2 triliun. Tentunya jumlah yang begitu besar, sangat rawan akan terjadinya tindak pidana Korupsi.

Untuk itulah, demi mencegah terjadinya penyelewengan dana desa yang terbilang besar tersebut, Kejaksaan melalui TP4D akan membatu pengawasan pengelolaan DD tersebut.

“Kita akan kawal mulai dari perencanaan hingga pelaporan pertanggung jawaban dengan harapan tidak ada lagi penyelewengan dana desa di Rohul kedepan,” sebutnya.

Beliau juga meminta ke seluruh kepala desa dan perangkatnya, memanfaatkan sosialisasi ini dengan sebaik mungkin. Sehingga sosialisasi ini bisa tepat sasaran.

H Sukiman usai membuka kegiatan menghimbau, agar suluruh Kades ber sungguh-sunguh mengikuti sosialisasi DD dan TP4D.

Sukiman juga mengingatkan kepada seluruh kepala desa yang hadir, agar meng implementasikan apa yang didapat dari sosialisasi yang dilaksanakan  kejaksaan yang bekerjasama dengan Pemkab Rohul ini.

Tambahnya lagi sosialisasi ini sangat penting dilakukan, mengingat dana desa yang mencapai  Rp1,2 triliun yang ada di Provinsi Riau,

“Kita minta seluruh peserta ikuti dengan baik kegiatan tersebut, saya tidak mau melihat ada kepala desa yang terkena tindak pidana korupsi dana desa,” terangnya.

Ulasnya lagi sosialisasi ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh desa, agar benar-benar dalam membangun desa melalui dana desa.

” Melalui penggunaan DD yang sesuai dengan perencanaan, diharapkan dapat mewujudkan visi-misi Bupati dan Wabup Rohul, yakni kencang membangun desa, lincah menata kota,” katanya.

“Kita haqqul yakin, bila seluruh Kades minta pengawalan TP4D, tentu tidak ada desa-desa yang terjerat hukum akibat penyelewengan dana desa,” bebernya.

Agus Kurniawan sebagai ketua TP4D  juga menyampaikan, TP4D merupakan le‎mbaga pencegahan tindak pidana korupsi dan penyelewengan dana-dana bersumber dari pusat, provinsi dan daerah.

Tim TP4D Kabupaten Rohul dibentuk atas dasar Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2015 tentang aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi tahun 2015, Instruksi Presiden RI Nomor 1 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategi Nasional,

Dalam Surat Keputusan Jaksa Agung Nomor: KEP-152/A/JA/10/2015 tanggal 1 Oktober 2015, tentang pembentukan TP4D Kejaksaan RI.

Dijelaskan, TP4D memiliki tugas dan fungsi untuk mengawal mengamankan dan mendukung keberhasilan pemerintahan dan pembangunan melalui upaya-upaya pencegahan preventif dan persuasif.

Sosialisasi TP4D juga memberikan penerangan hukum di lingkungan instansi pemerintah, BUMN, BUMD. Terkait materi tentang perencanaan, pelelangan, pelaksanaan pekerjaan, pengawasan pelaksanaan pekerjaan, perizinan, pengadaan barang dan jasa, tertib administrasi dan tertib pengelolaan keuangan negara.

“Melalui sosialisasi ini maka kedepannya Rohul bisa NIHIL kasus ADD & DD,” pintanya (R lubis/Dar)

No Response

Leave a reply "PEMKAB  ROHUL SOSIALISASIKAN TP4D "

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.