by

Pancasila Asia Tenggara

Oleh : Muhammad Ichsan, S.Pd

Pancasila dapat diturunkan dari cabang filsafat sebagai sistem etika. Sila-sila pancasila dijabarkan untuk mengatur kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Sistem etika pancasila mengandung nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan yang membentuk aspek kehidupan.

Pancasila harus selalu tertanam dalam diri setiap individu agar tak mudah terjerat dalam pemahaman yang salah hingga berujung radikalisme. Sila pertama dan ketiga Pancasila mengingatkan kita akan ahlak dan keimanan tanpa memecah belah persatuan bangsa.

Pendidikan menjadi unsur penting untuk perkembangan sesoerang. Pendidikan juga menjadi salah satu faktor untuk membentuk karakteristik seseorang.
Asia Tenggara adalah salah satu surga dunia. Letak geografisnya yang strategis, keadaan alamnya yang indah, sumber daya alamnya yang kaya, sumber daya manusianya yang potensial, serta kebudayaannya yang beraneka ragam sangat menggoda siapa pun untuk bisa ‘menguasainya’. Terutama bagi negara-negara adikuasa. Asia Tenggara merupakan salah satu target bidikan dalam berbagai hal. Misalnya saja target pasar produk-produk mereka.


Peningkatan mutu pendidikan sangat dibutuhkan untuk menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN (Asia Tenggara) yang terus berkembang. Hal inilah yang kemudian muncul kerja sama di bidang pendidikan.

Tahun (2019), Indonesia pernah mengusulkan narasi tentang identitas ASEAN . Ini bisa dikatakan Membumikan Ideologi Pancasila Se – Asia Tenggara.

Narasi mengenai identitas ASEAN yang diusulkan oleh Indonesia diharapkan bisa digunakan dalam berbagai kesempatan, sekaligus untuk mengingatkan masyarakat bahwa ASEAN bukan hanya organisasi yang dibangun secara politis, tetapi ada nilai-nilai budaya Asia Tenggara yang harus menyatu dalam identitas ASEAN.

Menurut Ichsan, Pancasila yang ada di Indonesia secara tidak kita sadari telah diterapkan dan sudah lama dijalankan oleh negara tetangga seperti Singapura, Malaysia. ” Singapura sangat komplex meniru pendidikan pancasila kita” ujarnya. Maka kita harus kuatkan kembali Pancasila yang kita miliki untuk menyatukan kita dalam toleransi yang terarah.

*Pancasila ada dalam Identitas ASEAN*

Menurut Ichsan, Pendidikan Pancasila telah lama diadopsi oleh negara tetangga. Malaysia dengan Multi Etnis (India, Melayu, Cina), serta Singapura dengan menghargai Masyarakat pribumi Melayunya. Brunei Walaupun Menerapkan Syariah Islam di Negara, tetap warga non – muslim aman damai disana.

Pendidikan Pancasila merupakan salah satu pilar pendidikan untuk membentuk karakter cinta tanah air para pelajar di Indonesia. Pancasila mengandung banyak konten penting dalam pengembangan sikap hidup, etika, dan integritas bagi pelajar.

Diundangkannya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan yang telah menghapus Pancasila sebagai pelajaran atau mata kuliah wajib merupakan peristiwa yang seharusnya tidak perlu terjadi dan dapat dicegah.

Kita meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) segera mengajukan draf revisi atas PP 57/2021 tentang Standar Nasional Pendidikan. Revisi itu harus memastikan jika Pendidikan Pancasila merupakan mata pelajaran wajib yang harus diikuti oleh peserta didik baik di tingkat dasar, menengah, dan perguruan tinggi.

Soal kurikulum ini diatur mulai pasal 35 sampai pasal 40. Kurikulum pada jenjang pendidikan tinggi menurut PP 57/2021 dikembangkan dan ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi untuk setiap program studi dengan mengacu pada standar nasional pendidikan tinggi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed