by

Ratusan Rumah Di Rohul Tergenang Banjir, Masyarakat Butuh Bantuan  Pemerintah

ROKAN HULU-Ratusan rumah di Desa Rambah Tengah Hulu (RTH), Kecamatan Rambah, Kabupaten  Rokan Hulu (Rohul) kini mengalami kebanjiran, Sabtu (17/4/2021) Pukul 10.00 Wib.

Di lapangan terpantau ketinggian air banjir, ada yang sampai 2 Meter ada sekitar 30 Centi Meter, masyarakat terlihat sudah mulai resah, karena terlihat belum ada bantuan baik dari Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Rohul.

Apalagi hujan sesekali masih deras turun, warga hanya bisa  mengevakuasi barang-barang mereka ke lokasi yang tak terkena air, sebagian menumpangkan  barang-barang ke rumah-rumah warga yang tak terkena banjir.

Kini akses ke desa Menaming lewat jalur Desa Rambah Tengah Hulu, terputus total, karena ketinggian air di Jembatan Dusun Pawan Hulu, hampir ketinggian dua meter.

Salah seorang Warga mengaku namanya Onang mengatakan,  kini  kondisi air masih menetap karena meski kini masih gerimis, sesekali deras juga.

” Ini banjir cukup besar, saya aja di simpang ini, biasa terkena banjir, sekarang tengoklah,” imbuhnya.

Kemudian ditanya apakah sudah ada bantuan, Onang pun menjawab sehatu dirinya belum ada. “Ya kalau bisa ada bantuan dari pemerintah, karena akibat banjir ini masyarakat di sini pun tak berusaha untuk mengevakuasi barang-barang,” tambahnya.

Selanjutnya ditanya, penyebab banjir tersebut, beliau menjawab memang hujan itu dari Jum’at malam sekitar pukul 21.30 Wib sampai sekarang. Itupun hujan lebat dan sangat deras.

“Sehingga sungai kecil pun khusunya di Pawan Hilir meluar sehingga banjir besar, tapi penyebab utama Sungai Pawan yang sudah melimpah dan meluap ke rumah penduduk,” paparnya.

Saat ditanya berapa jiwa Korban banjir tersebut, dia pun menjawab ” Ya kalau dihitung perjiwanya mungkin ribuan lah,” tambahnya mengakhiri.

(PR

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed