by

Wakil Bupati H Asrun Padoma Buka Giat Musrenbang 2021

Morotai- Wakil Bupati H Asrun Padoma membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Pulau Morotai tahun 2022 di Hotel Perdana Darame Kecamatan Morotai Selatan, Sabtu (17/4/2021).

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Pulau Morotai beserta anggot, forum kordinasi pimpinan daerah Pulau Morotai, kepala Bappeda Provinsi Maluku Utara yang diwakili sekretaris, Sekda para Asisten, Staf Ahli Bupati, Pimpinan SKPD.

Kemudian terlihat juga Rektor Universitas Pasifik, para camat se Pulau Morotai, lara ketua kelompok/organisasi LSM, awak media dan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Asrun Padoma Musrenbang Pulau Morotai tahun 2021 untuk perencanaan tahun 2022.

“Pada kesempatan ini saya sebagai pribadi dan atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan selamat menjalankan Ibadah Puasa bagi ummat muslim di Pulau Morotai,” ujarnya.

“Sebagaimana Kita Pahami Bersama, Musyawarah RKPD merupakan rangkaian yang harus dilalui dalamproses perencanaan pembangunan. Hal ini merupakan tidak lanjut atas hasil pembahasan pada Musrenbang Kecamatandan Forum RKPD,” lanjutnya

“Sebagaimana yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan Pembangunan Nasional. Pelaksanaan musrenbang merupakan perencanaan dengan pendekatan partisipatif yang dilaksanakan dengan melibatkan semua pemangku kepentingan,” katanya.

Lanjutnya pelibatan semua pihak dimaksudkan untuk menyerap aspirasi sesuai kebutuhan pembangunan serta untuk membangkitkan rasa memiliki terhadap hasil-hasil pembangunan.

Di sisi lain Musrenbang merupakan wahana strategis bagi para pihak dalam merumuskan perencanaan pembangunan secara kolaboratif dengan melibatkan tiga pilar pemerintahyaitu pemerintah daerah (ekskutif dan Legislatif), masyarakat, dan swasta/dunia usahaPada dasarnya, keluaran Musrenbang akan menjadi masukan yang sangat penting dalam rangka perumusan dan penyempurnaan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Pulau Morotai tahun 2022.

Untuk itu dibutuhkan sinergitas, kolaborasi, diskusi serta proses-proses panjang lainnya yang harus kita lalui, termasuk agenda pada hari ini yaitu Musyawarah Rencana Pembangunan RKPD tahun2022.

[oje]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed