by

Buka Pendaftaran BPUM 2021 ,Wabup Parapaga; Ini Terbuka Untuk Pelaku Usaha Mikro

Talaud- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud melalui Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga kerja mulai membuka proses bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) Tahun 2021 dari Kementrian Koperasi dan UKM RI bagi pelaku usaha kecil mikro menengah yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Wakil Bupati Kabupaten Talaud Moktar Arunde Parapaga mengatakan , program ini dibuka seluas-luasnya bagi pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Talaud. Jadi yang merasa diri segera mendaftar , jangan nanti mempersalahkan pemerintah.

“Jika merasa bingung dan bimbang tentang segala persyaratannya segera datang ke Dinas Koperasi ,UKM dan tenaga kerja Pemkab Talaud , juga bisa langsung bertanya di bank BRI , nanti mereka akan menjelaskan semuanya “,kata Parapaga saat di wawancarai , Minggu (18/4/2021).

Lanjut Parapaga, untuk Kabupaten Talaud jumlah penerima yang terdaftar di tahun 2020 berjumlah 2.359 pelaku usaha yang tersebar di 19 kecamatan .

“Untuk tahun ini pelaku usaha yang mengajukan dan dinilai layak diberikan bantuan akan menerima sebesar Rp 1,2 juta. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan program tahun lalu sebesar Rp 2,4 juta. Hal ini bertujuan agar supaya pelaku usaha yang belum terjangkau bantuan sama sekali bisa memperolehnya tahun ini,”pungkas Parapaga.

Senada dengan Wakil bupati, Kadis Koperasi, UKM dan Tenaga kerja Kabupaten Talaud Ordik Rompah mengatakan, Untuk syarat- syarat pengajuannya yaitu , mencantumkan fotokopi KTP, KK, izin usaha, foto dokumentasi usaha, nomor telepon dan juga tidak mempunyai tabungan di atas dua juta serta belum mengikuti program pinjaman KUR.

Bagi yang belum memiliki izin usaha, dapat melampirkan surat keterangan dari Pemerintah Desa yang menjadi lokasi usahanya.

” Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) ini dalam stimulus untuk menggerakan ekonomi saat-saat terjadi pendemi covid 19 terutama buat pelaku usaha mikro, seperti contoh para penjual kue rumahan dan penjual berjalan,” ujar Rompah.

(liw)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed